Your Cart is empty.

free delivery


Easy download music file for free at Free Song Downloads

Tips Fitness dan Suplementasi Saat Puasa


Halo kawan,

Dalam memperingati bulan Puasa, Suplemenku dengan senang hati membagikan tips fitness dan suplementasi saat berpuasa.

Mungkin banyak dari anda yang bingung bertanya2 :
- Bagaimana cara saya jaga otot nih selama puasa?
- Wah otot saya pasti habis nih selama puasa..
- Makanannya bagaimana nih, jam makan juga kacau kalo puasa?
- Duh latihannya musti bagaimana ya? Tetap sama seperti biasa atau berbeda?
- Suplemen yang tepat apa ya selama bulan puasa?

Tenang kawan! Semua pertanyaan akan terjawab sekarang!

Pertama-tama, bentuklah mindset anda selama bulan puasa. Anggaplah bulan puasa ini adalah saatnya anda memberikan break dan istirahat pada otot2 anda. Bagi yg selama ini senang angkat beban berat atau latihan berlama2 di gym, relakanlah untuk mengurangi kedua hal tsb. Kesampingkan ego anda, kuncinya semua berawal dari mindset anda.

Oke Saya akan bagi tips ini berdasarkan 2 kategori, badan yg mudah gemuk dan yg mudah kurus.

I. Kita mulai dari yg mudah gemuk dulu, yg tentunya susah kurus haha..

A. Jadwal latihan usahakan 5x seminggu. Lakukan latihan di pagi hari atau sebelum anda berbuka puasa. Bagi yang kerja kantoran, ya mau tidak mau malam 1,5 jam setelah berbuka, well lebih baik daripada tidak sama sekali. Apapun latihannya, lakukanlah tidak lebih dari 45 menit. Kurangi beban angkatan anda hingga anda dpt melakukan 12 reps dgn sempurna di setiap set. Bila tidak sanggup 12 reps, berarti terlalu berat dan anda perlu kurangi bebannya.
Cardio jangan terlalu lama ya, 20 menit dgn intensitas tinggi cukup.

B. Pola makan! Ingat jam makan ideal anda dari buka puasa hingga sahur adlh pada jam 6pm, 9pm, lalu tidur, sahur jam 3-4am. Jangan sampai ada yang terlewat!
Saat Sahur :
Makanlah makanan yg tinggi serat, tentunya sayur2an! Makanlah karbohidrat komplek seperti nasi merah, jagung, ubi, dll. Kurangi sedikit daging, alihkan sumber protein anda pada kacang2an dan polong2an. Dan yang tidak kalah penting multivitamin seperti optimen, anavite, dll.
Saat Berbuka : Konsumsi buah2an atau kurma secukupnya, kemudian konsumsi karbohidrat kompleks (nasi merah, ubi, dll), protein (daging, ikan, tempe), dan sayur-sayuran. Minumnya? Ya air putih atau minuman isotonik donk, masa sirup?! Haha..

Ingat makan jangan sampai kekenyangan, secukupnya saja. Hal ini untuk mengurangi buncit yang paling anda benci.

C. Tidurlah secukupnya, nyenyak! Kualitas tidur harus bagus. Kuasai stress anda agar dapat tidur dengan baik.

D. Suplemen? Bagi yang hobby pake fatburner dan nitrix, sebaiknya dikurangi atau dihentikan dulu selama bulan puasa ya. Konsumsilah Multivitamin, Fishoil, Whey Protein, bcaa, dan yg paling penting Susu Protein Slow Release atau SR. Minumlah whey protein segera setelah latihan, dan protein slow release saat sahur seperti Probolic SR dari MHP yang akan memberi makan otot anda selama 12jam. Lumayan kan sampai jam 4pm, yah katabolik 2jam nunggu buka relain dikit ya drpd 10jam katabolik haha..

II. Bagi yang mudah kurus susah gemuk!

A. Jadwal latihan jangan terlalu banyak. Cobalah untuk latihannya selang seling sistemnya. Latihan - break - latihan - break dan seterusnya. Agar anda tidak overtrain n makin kurus ntar. Jam latihan cocoknya 1,5 jam setelah buka puasa. Dan ingat tidak lebih dari 45 menit, bila anda tidak ingin overtrain. Kurangi beban angkatan anda hingga anda dapat melakukan 12reps dengan sempurna di setiap set. Bila tidak sanggup 12reps, berarti terlalu berat dan anda perlu kurangi bebannya.

B. Pola makan! Nah ini paling penting buat anda. Ingat jam makan ideal anda dari buka puasa hingga sahur adalah pada jam 6pm, 9pm, lalu tidur, sahur jam 3-4am. Jangan sampai ada yang terlewat!
Saat Sahur :
Makanlah makanan yg tinggi serat, tentunya sayur2an! Makanlah lebih banyak karbohidrat komplek seperti nasi merah, jagung, ubi, dll. Kurangi sedikit daging, alihkan sumber protein anda pada kacang2an dan polong2an. Dan yang tidak kalah penting multivitamin seperti optimen, anavite, dll.
Saat Berbuka : Konsumsi buah2an atau kurma secukupnya, kemudian konsumsi lebih banyak karbohidrat kompleks (nasi merah, ubi, dll) karena sangat penting untuk yang mudah kurus, protein (daging, ikan, tempe), dan sayur-sayuran. Minumnya? Ya air putih atau minuman isotonik donk, masa sirup?! Haha..

C. Tidurlah secukupnya, nyenyak! Kualitas tidur harus bagus. Kuasai stress anda agar dapat tidur dengan baik. Ingat stress sangat mempengaruhi perkembangan otot anda.

D. Suplemen. Nah nitrix stop dulu ya. Gunakan multivitamin, fishoil, bcaa, creatine, whey protein, casein, dan protein slow release. BCAA saat latihan, creatine stlh latihan, whey 30min stlh creatine, casein sblom tidur, dan protein slow release saat sahur.

Multivitamin kapan? Setiap anda makan.

Ingat ya, bulan puasa adalah bulan istirahat untuk otot. Jadi jgn mikir "aduh otot saya pasti kempes nih", "duh latihan ga bisa maximal" dll

Semakin anda cemas, semakin jelek pertumbuhan otot anda, dan semakin jelek juga recovery nya. Masa sih pikiran pengaruh? Iya sangat berpengaruh! Mind over everything!

Perlu diketahui manfaat dari rest adalah memberi kesempatan bagi otot dan saraf anda pemulihan ke titik maksimal. Dan setelah recovery yang cukup, otot anda akan siap dilatih dan berkembang lebih besar lagi.

Semoga tips kami membantu!

Btw speaking of tajil! Jangan manjakan diri anda atau mengikuti trend buka puasa dgn snack super manis. Percayalah, badan sexy anda tidak menginginkan itu. Tetaplah pada pola makan diet sehat anda. Simpan hasrat makan enak anda hingga Ramadhan =)

"The mind is the limit. As long as the mind can envision the fact that you can do something. You can do it, as long as you really believe 100 percent." -Arnold Schwarzenegger

Selamat berpuasa dan tetap sehat sexy!

Bila ada pertanyaan lainnya, silahkan bbm, ym, atau lemparkan pertanyaan pada Facebook Page Suplemenku.

Cheers!
Brian Yokubari


rssfeed
Email Drucken Favoriten Twitter Facebook Myspace Stumbleupon Digg MR. Wong Technorati aol blogger google reddit YahooWebSzenario