Your Cart is empty.

free delivery


Easy download music file for free at Free Song Downloads

Pengetahuan Dasar Suplemen

Whey Protein


Whey Protein Overview

Pada artikel ini berisikan semua yang perlu anda ketahui tentang whey protein dan bagaimena memilih whey protein yang tepat untuk anda. Pada akhir artikel anda akan menemukan list whey protein yang kita jual atau bisa pilih dari ingredients category protein.

Apa itu whey protein dan berasal dari mana ?

Whey protein merupakan sumber protein terbaik dengan kualitas tertinggi, Whey protein kaya akan BCAA (Branched Chain Amino Acids) dan mengandung banyak sumber makanan alami.

Whey Protein merupakan salah saru dari 2 jenis protein yg berasal dari susu (lainnya Casein protein). Whey protein terbentuk pada saat pemrosesan susu sapi menjadi keju. Saat susu menjadi keju, whey protein merupakan pemisahan dari proses tersebut. 

Apakah makanan lainnya mengandung whey protein?

Belum ada makanan lain yg mengandung whey protein. Akan tetapi banyak makanan lain yg mengandung sumber protein yg tinggi. Berikut beberapa makanan yang mengandung protein tinggi:

  • Daging tanpa lemak (20% protein)
  • Ayam (20% protein)
  • Ikan (20% protein)
  • Telur (6-8% protein)
  • Keju (10-30% protein, Tapi tinggi akan fat)

Ada berapa tipe whey protein?

Secara garis besar ada 2 macam whey protein: Whey protein Concentrate and Whey protein isolate. Whey protein concentrate cukup rendah fat, dan memiliki kadar protein 75% dari berat total. Whey protein isolate merupakan bentuk yang lebih sempurna lagi. Whey Isolate diproses lebih lanjut dengan mengurangi kadar fat dan carb. Umumnya whey protein isolate memiliki 85%+ pure protein dari berat total. Bahkan dengan perkembangan lebih lanjut sekarang memiliki hydrolized isolate dimana tingkat penyerapan lebih baik lagi dari whey isolate.

Suplementasi whey protein umumnya dibagi dalam beberapa kategori. Whey protein isolate, concentrate dam whey protein blends. Whey protein concentrate merupakan yang termurah dan memiliki kadar fat dan lactose yg lebih tinggi. Whey protein isolate emiliki kadar protein yang lebih tinggi dan umumnya memiliki kadar fat, carb dan lactose yang hampir 0 atau bahkan 0. Harganya lebih mahal dari concentrate tentunya. Dan yang terakhir, whey protein blend. Merupakan yang saat ini paling banyak digunakan. Sesuai namanya produk ini mengkombinasikan whey protein concentrate, isolate, dan protein lainnya. Yang umumnya kaya akan amino dan harga yang cukup memadai bagi pelanggan.

Bagaimana fungsi whey protein?

Whey protein jauh lebih baik dari sumber protein lainnya dimana terkandung didalamnya amino dalam jumlah yang cukup untuk pembentukan otot, tenaga dan pemulihan. Para atlet binaraga dan olahraga tahu benar akan pentingnya suplemen whey protein bagi pertumbuhan otot, tenaga dan mempercepat pemulihan mereka.

Whey juga mudah serap, dimana itu mengisi dimana badan membutuhkan, Whey protein memegang peranan penting dalam nutrisi setelah latihan dimana badan dalam kondisi katabolic dan membutuhkan sumber protein yang cepat.

Selain sangat berguna dalam pembentukan otot dan pemulihan, whey protein juga berfungsi sebagai anti oxidant untuk meningatkan sistem kekebalan tubuh. Sesuai riset yang dilakukan suplementasi yang dibarengi dengan whey protein meningkatkan sistem immune tubuh yang kuat.

Efek-efek dari whey protein :

  1. Meningkatkan massa otot rendah lemak
  2. Mempercepat proses pemulihan otot
  3. Meningkatkan proses pemulihan otot lebih baik
  4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Biological Value dari Whey vs Sumber protein lainnya

Biological value, atau BV, merupakan ukuran efisiensi dari protein dan kemampuan penyerapan untuk kebutuhan pertumbuhan otot. Semakin tinggi, semakin tinggi efisiensinya. Ini merupakan istilah yang cukup umum dalam binaraga dan digunakan untuk mengklasifikasikan whey protein. Berikut illustrasi beberapa sumber protein dengan BVnya. Egg protein memiliki standar 100. Daging sapi berkisar 75. Untuk whey protein, BV dapat mencapai 170.

Whey protein isolate memiliki BV lebih tinggi, umumnya sekitar 30-60% lebih tinggi dari concentrate.

Siapa saja yang dapat merasakan benefit dari suplementasi whey protein?

Whey protein biasanya digunakan oleh para bodybuilder and atlet-atlet lainnya karena kemampuannya untuk recovery dan pertumbuhan. Tetapi seiring berkembangnya penemuan, whey juga dapat digunakan untuk hal lainnya. Beberapa diantaranya : penurunan berat badan, pengobatan kanker, kesehatan anak, pemulihan luka dan juga bagi orang usia lanjut. Praktisnya semua orang dapat merasakan manfaat dari suplementasi whey protein.

Orang-orang yang dapat langsung merasakan manfaat whey protein :

  1. Binaraga dan pelatih
  2. Atlit2 olahraga ketahanan
  3. Bagi yang ingin menurunkan berat badan
  4. Pemula dalam latihan weight/strength
  5. Vegetarians

Apakah Whey protein memiliki efek samping?

Belum ada dokumentasi yang menyatakan ada efek samping akan whey protein kecuali bagi yang memiliki allergy terhadap produk susu. Jika memiliki allergi terhadap produk susu dan turunannya dapat mengkonsultasikan dengan para ahli sebelum mengkonsumsi whey protein.

Memilih whey protein yang tepat

Saat memilih whey protein yang tepat bagi anda perlu mempertimbangkan beberapa hal yaitu budget, kualitas produk, kebutuhan tubuh.  Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ada 3 tipe whey protein yang dijual :

  1. Whey protein isolate - Whey protein yang paling pure untuk saat ini (perkembangannya Hydrolized isolate)
  2. Whey protein concentrate - tidak sepure isolate, memiliki fat dan lactose sedikit lebih tinggi
  3. Whey protein blend - campuran isolate dan concentrate

Semakin pure dan tinggi kualitas whey proteinnya semakin mahal pula harganya. Inilah sebabnya kenapa whey isolate lebih mahal. Tapi hasil yang didaptkan sepadan dengan yang dibayarkan. Selain karena fat, carb dan lactose yg lebih rendah juga merupakan protein dengan kualitas tinggi dan akan memberikan kadar protein tinggi persajian dengan kalori rendah. Jika budget anda mencukupi jelas whey protein isolate adalah pilihan utama.

Pro dan Contra dari whey protein isolate :

Pros of Whey Protein Isolate:

  • Bentuk paling pure dari whey protein
  • Sangat rendah fat, carb dan lactose
  • Asam amino yang tinggi
  • Kadar protein yang lebih tinggi
  • Sangat baik untuk pembentukan otot dan penurunan lemak

Cons of Whey Protein Isolate:

  • Lebih mahal dari concentrate dan blends

Top 3 Selling Whey Protein Isolate/Hydrolized Isolate Powders:

  1. Platinum Hydrowhey
  2. Dymatize Iso-100
  3. AST VP2

Sedangkan Whey protein concentrate tidak sefilter whey protein isolate, akan tetapi kualitasnya tetap tinggi dan kaya akan asam amino. Dikarenakan concentrate tidak sefilter isolate maka kadar protein yang dididapatkan perscoop akan lebih rendah dan umumnya kalori akan lebih tinggi. Hal ini tidak menjadi masalah bagi orang yang ingin menaikan sedikit berat badan atau menjaga, akan tetapi untuk yang ingin menurukan berat badan atau sedang mempersiapkan kompetisi mungkin menjadi masalah. Umumnya perbedaannya 2-5g protein per scoop. Untuk 30g scoop whey protein isolate mungkin mengandung 25 protein dan 105 kalori, sedangkan concentrate mungkin beriksar 21g dan 130 kalori.

Pro and Contra dari Whey Protein Concentrate

Pro dari Whey Protein Concentrate:

  • Harga ekonomis, with 5lbs mulai dari 500rb
  • Tinggi akan asam amino
  • BAik untuk pembentukan otot

Contra dari Whey Protein Concentrate:

  • Kadar fat dan carb yang lebih tinggi dibanding isolate
  • Kalori lebih tinggi persajian dari fat

Untuk posisi diantara keduanya para manufactur membuat whey protein blends yang merupakan kombinasi isolate dan concentrated

Tidak semua protein blend dibuat seimbang. Ada yang memiliki kadar isolate lebih tinggi dari concentrate dan juga sebaliknya. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat di label ingredients. Sumber protein yang disebut lebih awal memiliki kadar lebih tinggi dibanding yang lainnya.

Dari semua whey protein yang tersedia, whey protein blend yang paling digemari

Pros and Cons of Whey Protein Blends

Pro dari Whey Protein Blends:

  • Merupakan gabuungan isolate dan concentrate
  • Memiliki value for money yang bagus
  • Profil asam amino yang tinggi
  • Lebih rendah fat/carb/lactose dibanding concentrate
  • Memiliki banyak brand untuk dipilih

Contra dari Whey Protein Blends:

  • Lebih tinggi fat dan lactose dibanding whey isolate
  • Beberapa memiliki kandungan yang whey concentratenya lebih tinggi

Top 3 Selling Whey Protein Blends:

  1. ON 100% Whey Gold Standard
  2. Nitrotech Hardcore Proseries
  3. Mutant Whey

Whey Protein - Pertanyaan-pertanyaan umum

  • Dapatkah menggabungkan whey protein dengan suplemen lainnya?
    Tentu bisa. Whey protein sangat bisa digabungkan dengan suplemen lainnya seperti bcaa, creatine, dll
  • Berapa banyak protein yang harus saya konsumsi?
    Berapa banyaknya protein yang dikonsumsi tergantung dari berat badan, latihan dan tujuan anda. Tidak ada 2 orang yang akan sama. Bodybuilders umumnya mengkonsumsi 1-2 gram per pound berat badan perhari.
  • Kapan saat terbaik mengkonsumsi whey protein?
    Saat terbaik adalah saat pagi hari dan setelah latihan. Whey juga dapat digabungkan dengan casein protein dan diminum antar waktu makan sebagai pengganti makanan. 
  • Akankah whey protein membantu menurunkan berat badan?
    Dengan menambahkan whey protein pada program diet anda sangat membantu. Karena whey protein memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu pennurunan berat badan terutama whey isolate karena kandungan carb dan fat yang rendah. Studi mengatakan bahwa orang yang menkombinasikan dietnya dengan makanan tinggi leucine seperti whey protein dan latihan yang baik akan mendapatkan otot rendah lemak yang akan membantu membakar lemak yang ada. Dengan peningkatin serat otot dan penurunan lemak akan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dan tubuh akan membakar lemak dengan sendirinya. Selain itu whey protein membuat kita merasa lebih kenyang sehingga tidak mengemil berlebihan.
  • Mana yang lebih baik. Whey protein atau casein?
    Whey protein memiliki tingkat BV yang paling tinggi dan kandungan BCAA yang tinggi juga. Oleh sebab itu Whey protein tentu lebih baik dibanding jenis protein lainnya. Akan tetapi Casein memiliki peranannya sendiri dikarenkan sifat penyerapannya yang lebih lambat. Jadi baik digunakan sebelum tidur. Bahkan banyak bodybuilder yang menggunakan casein untuk meningkatkan perbaikan dan pertumbuhan ototnya lebih maksimal.
  • Apakah whey protein boleh untuk vegetarians?
    Tentu. Whey protein sangat ideal untuk vegetarians
  • Apakah whey mudah untuk dicerna?
    Whey protein mudah larut dan mudah untuk dicerna. Whey protein akan dengan cepat akan menyediakan asam amino yang penting bagi tubuh untuk menutrisi kebutuhan otot dan bagian tubuh lainnya. Ini merupakan salah satu faktor kenapa whey protein juga ada dalam kandungan protein bagi kedokteran dan susu anak.
  • Dapatkah whey protein mengganggu ginjal?
    Bodybuilder secara rutin mengkonsumsi 500g protein perhari selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tidak ada bukti uji klinis yang menyatakan konsumsi protein tinggi akan menyebabkan gangguan ginjal. Pada studi lainnya, Hewan yang mengkomsumsi protein tinggi selama lebih dari setengah masa hidupnya tidak mengalami masalah ginjal. Konsumsi protein tinggi hanya mungkin bermasalah jika seseorang mempunyai gangguan ginjal atau penyakit ginjal. Untuk orang normal, kondisi paling serius paling hanya dehidrasi karena metabolisme protein membutuhkan air yang lebih banyak. Hal ini dapat dihindari dengan mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air perhari. 


Apa itu Glutamin

Apa itu Glutamin?
asam amino yang paling banyak ditemukan dalam tubuh, Glutamin (atau L-Glutamin) membentuk lebih dari 60 persen dari jaringan otot rangka. Ini adalah bahan bakar saluran pencernaan dan yang sangat dibutuhkan sistem kekebalan tubuh, dan 19 persen dari molekul Glutamin terdiri dari nitrogen, sehingga merupakan konduktor utama nitrogen untuk otot-otot. Glutamin terutama ditemukan terkonsentrasi tinggi di otak, otot, lapisan usus, paru-paru, jantung, ginjal, dan hati mana ia memiliki beberapa fungsi dan kritis.

Fungsi Glutamin dalam tubuh:
Glutamin penting untuk beberapa fungsi tubuh. Ini termasuk:
1. Sumber energi utama bagi sistem kekebalan tubuh.
2. Glutamin diubah menjadi asam glutamat di otak dan meningkatkan sintesis GABA, suatu neurotransmitter otak yang penting. Banyak yang percaya bahwa L-Glutamin meningkatkan fungsi mental.
3. Mempertahankan integritas struktural dari lapisan usus.
4. Memainkan peran utama dalam sintesis protein otot dan sel-volumizing.
5. Membantu mengontrol gula darah.

Glutamin jika kekurangan:
Kekurangan akan kadar glutamin umum terjadi dalam gaya hidup yang sibuk saat ini dan merupakan salah satu tes utama yang dilakukan oleh praktisi medis dengan menggunakan tes darah untuk memastikan tingkat asam amino pada pasien dengan gejala penyakit kronis, disfungsi dalam fungsi kognitif dan suasana hati, menjadikannya sebagai substansi yang semakin populer tidak hanya di dunia atletik, tetapi dalam praktek medis.Selama periode stres, trauma atau hanya pelatihan intensif olahraga, kekurangan akan Glutamin terjadi yang ditandai dalam bentuk penurunan kekuatan dan pemulihan stamina - di mana dibutuhkan  hingga enam hari untuk kembali ke tingkat normal. Penelitian menunjukkan bahwa selama pelatihan intensif kadar glutamin menurun hingga 50%.

Bagaimana suplemen Glutamin bekerja?
Apa yang Glutamin lakukan memainkan peran penting dalam metabolisme protein, volumizing sel, peningkatan produksi dan sekresi Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) dan anti-katabolisme yaitu gangguan dan kerusakan jaringan otot, terutama di binaragawan.
Meskipun, belum ada penelitian konklusif untuk efek dari suplemen pada orang dewasa yang melakukan angkat beban, penelitian terbaru menunjukkan bahwa peningkatan dramatis tingkat HGH hinga 400% dapat terjadi dengan konsumsi hanya 2 gram suplemen.
Penelitian lain menunjukkan bahwa setelah latihan yang intens peningkatan asam laktat terjadi di otot, tapi pada saat yang sama tingkat Glutamin berkurang sebanyak 50%. Studi juga menunjukkan bahwa suplementasi Glutamine efektif mengurangi kerusakan jaringan otot dan meningkatkan metabolisme protein.

Siapa yang bisa mengambil manfaat dari Glutamin?
Binaragawan dan para atlet bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan asupan Glutamine. Seperti disebutkan di atas, ketika binaragawan berlatih, tingkat Glutamin bisa drop secara dramatis. Katabolisme otot dapat terjadi ketika tubuh merampas otot-otot Glutamin untuk digunakan dalam sistem kekebalan tubuh atau transportasi nitrogen. Suplementasi glutamin dapat membantu mengurangi efek dari katabolisme otot.

Dosis glutamin:
Umumnya dosis Glutamin berkisar dari 10-20g per hari. Tidak ada studi klinis yang menentukan jumlah yang tepat dari Glutamin diperlukan untuk optimasi metabolisme otot.

Glutamin efek samping:
Meskipun diteliti tidak ada efek samping dari tingkat mengkonsumsi Glutamin, mungkin orang yang perlu sedikit berhati-hati adalah penderita diabetes. Pada penderita diabetes (baik tipe 1 dan tipe 2) ada banyak volatilitas dalam metabolisme Glutamine. Tingkat yang lebih tinggi Glutamin dipecah oleh liver mereka dan ginjal untuk produksi glukosa. Perhatian diperlukan di sini bahwa penderita diabetes harus mendiskusikan asupan suplemen Glutamin dengan dokter mereka sebelum melakukannya.

Apa itu BCAA ?

Apa itu BCAA? 


BCAA (asam amino rantai cabang) adalah amino penting leusin, isoleusin, dan valin.Kombinasi dari ketiga asam amino membuat sampai sekitar 1 / 3 dari jaringan otot rangka dalam tubuh manusia. 
BCAA memainkan peran yang sangat penting dalam sintesis protein (produksi protein dalam sel-sel dari asam amino untuk membangun otot). 


Apa yang BCAA lakukan?
 
Asam amino adalah blok bangunan protein. Ketika Anda makan makanan yang mengandung protein, hal itu akan dicerna melalui usus dan perut. Selama proses ini protein dipecah menjadi asam amino dan rantai pendek asam amino. Asam amino ini cukup kecil untuk diserap ke dalam aliran darah. 
Setelah asam amino diserap ke dalam aliran darah mereka akan jauh mencapai efek di seluruh tubuh. 
Asam amino terlibat dalam perbaikan otot (membangun otot), fungsi otak yang penting dan bahkan pertumbuhan rambut juga masih banyak fungsi lainnya. 


Apa yang dimaksud dengan jalur metabolisme?
 
Untuk memahami betapa BCAA penting untuk membangun otot dan pemulihan Anda perlu tahu apa jalur metabolik. Sederhananya, jalur metabolisme adalah rantai reaksi kimia yang terjadi dalam sel (dalam kasus ini, sel jaringan otot). Ketika jumlah BCAA yang cukup tertelan mereka menciptakan sendiri jalur metabolisme yang menghasilkan produksi protein yang meningkat. Ini berarti jaringan otot akan lebih banyak tumbuh dan otot akan diperbaiki lebih cepat. 


BCAAs dan pertumbuhan otot.
 
Umumnya, setelah sesi latihan yang cukup panjang tubuh dalam kondisi katabolik (pemecahan jaringan otot), dengan defisit sintesis protein. 
Hal ini karena setelah olahraga, MAPK (cara tubuh sendiri untuk mensinyali pertumbuhan otot) yang mensinyali jalur metabolik diaktifkan. Meskipun ini merupakan jalur yang akan meningkatkan sintesis protein, tidak akan seefektif bila dikombinasikan dengan sinyal kaskade BCAA. 


Dua jalur tersebut bertindak secara independen satu sama lain. Karena itu, ketika jumlah BCAA yang cukup dikonsumsi pasca latihan (biasanya dalam bentuk minuman pasca-latihan) tubuh ditempatkan dalam keadaan yang lebih baik dari hipertrofi dengan jumlah positif dari sintesis protein. Hal ini sangat penting bagi para atlet karena akan mengurangi waktu pemulihan otot dan meningkatkan massa tubuh ramping.

 
Perbedaan antara asam amino esensial dan non-esensial. 
Jenis Asam Amino 
Esensial:
                            Non Esensial: 
Histidin                               Alanin
Isoleusin                             Arginin
Leusin                                Asam aspartat 
Lisin                                   Sistein 
Metionin                             Sistin
Fenilalanin                           Asam glutamat 
Triptofan                            Glutamin
Valin                                  Glycine
                                        Hydroxyproline
                                        Tirosin

Asam amino esensial tidak dapat dibuat oleh tubuh. Anda harus mendapatkannya dari makanan protein lengkap atau kombinasi berbagai makanan nabati.  Tubuh Anda bisa membuat asam amino non esensial dengan sendirinya dari vitamin dan asam amino lainnya. 


Sebenarnya istilah "non-esensial" bisa menyesatkan karena semua asam amino penting untuk metabolisme. 
Ada beberapa non-esensial asam amino, seperti glutamin, yang sangat penting dalam proses perbaikan jaringan otot. BCAA adalah penting khusus untuk para atlet karena mereka dimetabolisme di otot, bukan di liver. Ini berarti mereka lebih mungkin untuk digunakan untuk membangun otot bukan dibakar sebagai bahan bakar untuk energi.

 
BCAA - PERTANYAAN UMUM:
 
• Apakah suplemen BCAA aman untuk digunakan? 
Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan tambahan dari BCAA dalam kisaran 5-20 gram per hari dalam bentuk tablet dan 1 sampai 7 gram per liter dalam bentuk cair tidak menimbulkan efek samping. Asupan yang tinggi harus dihindari karena kemungkinan penghambatan kompetitif dari penyerapan asam amino lain dari diet dan risiko gangguan pencernaan. 
• Apakah BCAA ditemukan dalam makanan?
 
Ya. BCAA ditemukan dalam makanan kaya protein. Semakin tinggi kualitas sumber protein, jumlah BCAA juga semakin tinggi. Dari semua sumber protein whey protein memiliki kandungan BCAA terbaik. 
• Bagaimana suplemen BCAA dikemas?
 
Bentuk yang paling umum dari suplemen BCAA adalah pil. 
BCAA juga tersedia dalam bubuk dan bentuk cair. 
• Suplemen protein saya mengandung Glutamine, apakah saya membutuhkan lebih banyak? 
Penelitian telah menunjukkan bahwa Glutamine memainkan peran utama dalam sintesis protein dan memperbaiki otot. 
Semua suplemen whey protein mengandung sejumlah kecil Glutamine. Dosis yang dianjurkan berkisar 10-40 gram per hari, tergantung pada aktivitas, kebugaran dan berat badan. Untuk informasi lebih lanjut lihat halaman informasi glutamin.