Yang bisa diambil dari artikel ini:

  • Mesomorph terlihat atletis secara alami. Merespon latihan beban dengan baik.
  • Karakteristik tubuh mesomorph biasanya berdada bidang, bahu lebar, punggung berbentuk V.
  • Kekurangan meso biasanya adalah menyia-nyiakan gen mereka dengan berlatih sub-maximum dan makan sembarangan.
  • Latihan 5 hari seminggu dianjurkan dengan fokus pada satu bagian tubuh per satu hari.
  • Komposisi nutrisi yang dimakan secara umum bagi meso adalah 40% karbohidrat, 30% protein dan 30% lemak.

Setelah kita membahas tentang ectomorph dan endomorph sebelumnya, sekarang kita akan masuk ke bagian Mesomorph (disingkat Meso).

Mesomorph

suplemenku-mesomorph-1

Bagi Anda yang memiliki gen Meso boleh menjadi sangat bangga dengan tubuhmu sendiri. Secara alami Meso terlihat atletis dan ketika ditambah dengan latihan beban tubuh Meso dengan sangat mudah mengalami perkembangan massa otot. Selain itu Meso lebih sedikit menyimpan lemak jika dibandingkan dengan endomorph. Jadi, mesomorph memiliki keuntungan dari dua somatotype lainnya dan oleh karena itu Meso biasanya menjadi gen yang paling diingini oleh bodybuilder dan fitness mania.

suplemenku-ectomorph-5

Karakteristik Tubuh Mesomorph

Tubuh meso sangat mudah untuk menambah otot layaknya endo tetapi juga mempunyai kelebihan ecto yaitu tidak mudah menyimpan lemak. Postur tubuh meso biasanya ditandai seperti dada bidang, bahu lebar, punggung V-shape, perut six pack walau mungkin belum terlihat sangat jelas. Kekuatan tubuh (sebelum dilatih) yang dimiliki juga relatif tinggi.

Kekurangan Mesomorph

Saya akan jujur dengan berkata bahwa keunggulan seorang meso bisa membuat tubuh jenis lainnya menjadi iri. Bahkan seperti sudah dikatakan pada bagian sebelumnya bahwa meso terlihat atletis sebelum memulai latihan. Karena itu saya hanya membahas tentang kekurangan dari meso, yang biasanya adalah nutrisi dan latihan yang kurang.

suplemenku-fitgirl-7

Bagi meso yang baru masuk ke dunia fitness, karena mereka melihat perubahan yang cepat maka biasanya mereka menjadi ogah-ogahan dengan pemikiran seperti: “Badan saya mudah besar, saya tidak perlu melatihnya seberat teman-teman saya”. Selain itu juga ada pemikiran untuk memakan apa saja, atau yang suka saya sebut sebagai dirty diet. Padahal menurut saya sangat disayangkan ketika memiliki gen tubuh yang orang lain hanya dapat berharap namun tidak dimaksimalkan oleh meso.

Biasanya setelah meso melihat teman-temannya (ecto dan endo) menjadi semakin besar, kuat dan atletis, baru mereka tersadar dan mulai masuk ke dalam tahap serius. Di saat ini, menurut saya, meso hanya akan bisa menyamai teman-temannya saja tidak melampauinya. Kenapa? Karena potensi yang dicapai ecto dan endo juga sudah memasuki tahap maksimal (dengan pola latihan dan diet yang benar).

Jenis latihan untuk Mesomorph

Mesomorph dapat melatih otot dada mereka hanya dengan melakukan push-up di rumah, atau melatih otot back mereka dengan pull-up. Hasilnya, walau demikian, akan lebih maksimal jika menggunakan beban. Di paragraf selanjutnya kita akan membahas program latihan untuk memaksimalkan potensi mesomorph.

Meso bisa melatih tubuhnya dengan volume dan intensitas yang tinggi untuk membangun massa otot mereka. Jika Anda juga memiliki waktu luang yang cukup, Anda bisa menggunakan 5-days split­ atau latihan selama 5 hari dalam seminggu. Dengan begitu Anda bisa mendedikasikan satu hari per satu bagian tubuh. Lama latihan yang diperlukan pun bervariasi, mulai dari 1 – 3 jam tergantung kepada individu masing-masing.

suplemenku-mesomorph-2

Untuk jumlah repetisi sendiri terbagi menjadi tiga golongan menurut dasar dari bodybuilding:

  • Strength Training: 1-5 reps x 7- 8 sets (Beban sangat berat)
  • Mass Building: 6-8 reps x 4 sets (Beban berat), istirahat 1 menit antar set
  • Cutting: 10-12 reps x 4 sets (Beban berat-ringan), istirahat dibawah 1 menit antar set

Sebenarnya untuk waktu istirahat, tergantung kepada kesiapan dari masing-masing tubuh. Untuk mass building walaupun saya mencantumkan 1 menit waktu istirahat antar set, kalian bisa mempercepat atau mengundurnya. Hanya saja, bataskan agar tidak terlalu lama karena mass building memerlukan apa yang kita sebut sebagai time under tension.

suplemenku-mesomorph-3

Walau meso mudah membakar lemak layaknya ecto, meso bisa menampung lemak pada tubuh dan lemak harus dibakar agar definisi otot terlihat. Oleh karena itu kardio sebanyak dua sampai tiga kali seminggu selama 30 menit tetap diperlukan. Jenis kardio yang saya anjurkan untuk mesomorph adalah HIIT (High Intensity Interval Training).

suplemenku-fitgirl-6

Mengapa HIIT? Pertama, Karena tipe badan mesomorph lebih cenderung untuk bisa menyimpan otot. Kedua, dari artikel sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa semakin besar massa otot, semakin tinggi juga tingkat metabolisme kita. Oleh karena kedua hal tersebut maka mesomorph bisa melakukan HIIT saja agar pembakaran lemak terjadi sewaktu dan setelah latihan. Walau demikian, sesekali melakukan SSC juga dapat dilakukan untuk memberikan efek muscle shock pada tubuh kita.

suplemenku-mesomorph-4Contoh bodybuilder terkenal dengan jenis badan mesomorph tidak lain adalah Arnold Schwarzenegger. Jika Anda mempunyai badan dengan jenis ini, saya harap untuk tidak disia-siakan. Agar bisa berlatih dengan serius dan menjaga pola diet yang bersih. Selain Arnold, ada juga fitness model Ulisses Jr. yang mempunyai badan mesomorph.

Nutrisi

Walaupun meso bisa memakan apa saja yang mereka kehendaki, sikap seperti ini harus dihindari. Mungkin dengan makan sembarangan pun badan mesomorph tetap akan terbentuk tetapi nutrisi di dalam tubuh tentu sudah akan sangat kurang. Jika tidak menjaga pola makan yang baik dari muda, satu ketika badan kita akan menuntut balasan. Untuk apa memiliki badan bagus kalau sering sakit-sakitan? Kurang lebih setiap meso harus memiliki komposisi makanan seperti 40% karbohidrat, 30% protein dan 30% lemak sehat.

suplemenku-mesomorph-5.jpg

Ada baiknya anda mengkonsumsi kreatin disamping protein. Kreatin akan membantu anda pulih dari latihan anda yang berat layaknya atlet. Kreatin yang disarankan adalah:

suplemenku-venum-creatine

suplemenku-api-creatine

Susu Protein yang disarankan untuk Mesomorph adalah  Susu Protein Blend, seperti:

suplemenku-musclepharm-combatMUSCLEPHARM Combat

Suplemenku_Muscletech_Nitrotech_Performance-500x500MUSCLETECH Nitrotech

*Konsultasikan suplementasi Anda ke LINE @suplemenku

Inti dari ketiga artikel

Saya harap penjelasan ini bisa membantu kita semua untuk mengerti lebih lagi mengenai badan kita.

suplemenku-mesomorph-6

Tentu tidak semua yang tertulis disini bisa berlaku bagi setiap individu karena tidak semua orang murni seorang ecto, endo atau meso. Biasanya tubuh manusia akan memiliki gen seperti ecto-meso atau endo-meso. Jarang sekali orang memiliki gen 100% ecto, endo atau meso.

Saya juga berharap penjelasan artikel ini tidak dijadikan sebagai alasan kalau anda belum melihat progress pada tubuh anda. Kebanyakkan dari kegagalan disebabkan oleh pribadi kita, bukan dari genetik kita. Frank Zane dan Jay Cutler bahkan Arnold Schwarzenegger berlatih dengan sangat sangat sangat sangat keras untuk bisa mencapai apa yang mereka sudah capai. Karena itu jadikan artikel ini sebagai panduan tahap pertama saja dan setelah itu Anda bisa lebih kreatif mengembangkan program pilihan dan diet bro/sis sekalian.


Artikel terkait:

By: Calvin Chiu