Masih banyak fitnes mania yang menganggap remeh suplemen yang satu ini, mereka tidak tahu dan tidak mengerti seberapa penting manfaatnya.
Padahal suplemen multivitamin adalah suplemen TERPENTING untuk setiap orang.
Multivitamin adalah nutrisi mikro bagi tubuh kita, yg jelas kita seharusnya tahu bahwa tubuh kita membutuhkan nutrisi MAKRO DAN MIKRO! Jangan ada yg disunat!

Nah sebelum lebih lanjut mengulas Multivitamin, mari dengarkan fenomena-fenomena dari tanah air kita ini…

Berikut fenomena-fenomena yg orang pikir terhadap suplemen multivitamin :

1. Saya tidak perlu suplemen multivitamin, saya sudah sehat walafiat!
2. Ah, saya ga mau minum obat-obat begitu, mau alami saja.
3. Apa manfaatnya sih???
4. Saya takut gemuk klo minum suplemen multivitamin.
5. Suplemen multivitamin bahaya untuk ginjal??!!

Lima dulu deh ya, denger 5 hal tersebut aja rasanya saya jadi sedih.. Bukan salah kawan-kawan tidak tahu soal ini, saya rasa akibat lembaga kesehatan yg kurang bertanggung jawab mempublikasikan suplemen multivitamin.
Ok mari bahas satu persatu :

1. Seberapa yakin anda tidak perlu multivitamin? Seberapa yakin anda klo badan anda benar2 sehat??? SEBERAPA YAKIN??? Banyak dari kita terlalu percaya diri bahkan ‘sok tahu’ akan kesehatan kita.. Apa sih definisi sehat? Seharusnya yg namanya sehat itu bisa dibilang hampir tidak pernah jatuh sakit, bahkan flu pun tidak. Kenapa? karena daya tahan tubuh anda kuat dan tidak mempan dgn serangan-serangan virus. Setiap hari pun anda merasa sehat dan segar. Jadi bila masih langganan sakit apapun itu setiap bulan, sorry to say anda belum sesehat yg anda bayangkan.
Dan jangan lupa, kebanyakan orang yg tiba-tiba kena kanker, diabetes, atau penyakit lainnya itu BUKAN KARENA TIBA-TIBA TERJANGKIT! Tapi karena telat bahkan telat menyadari apabila ada suatu masalah dalam tubuhnya! Mereka selalu merasa sehat-sehat saja sampai akhirnya BAM!!

2. Sorry to say suplemen itu berbeda dengan obat. Mungkin banyak yang menganggap ini obat karena saat kita sakit dan berobat ke dokter, dokter memberikan multivitamin di dalam salah satu resepnya. Tau ga kenapa dia kasih??? Ya supaya recovery kalian lebih cepat dan immune tubuh pun naik karena penyerapan nutrisi yg lebih maksimal!
Justru multivitamin jauh lebih alami dari obat-obat batuk pilek demam. Obat itu sangatlah kimia, cara kerjanya hanya memanipulasi organ tubuh kita seperti gali lobang tutup lobang, pada akhirnya TUBUH KITA SENDIRILAH yg secara alami memulihkan diri dgn dibantu nutrisi MIKRO dan makro. Saya ingatkan multivitamin itu nutrisi MIKRO.

3. Saya akan jawab dgn satu kata : EVERYTHING! Bila saya jabarin satu2 fungsi vitamin dan mineral, saya bisa bikin buku bukan artikel bos.
Tapi intinya gini, Semua organ bahkan sel tubuh anda perlu VITAMIN dan MINERAL. ANALOGInya begini : 1 team sepakbola itu terdiri dari banyak pemain, dan untuk bermain maksimal dibutuhkan kerjasama yg sangat kompak dari setiap pemain. Nah pemainnya semua sudah kompak, tapi mereka semua ada yg kelaparan dan kehausan, ada yg sepatunya kesempitan atau kebesaran, ada yg kurang tidur dan lain sebagainya. Nah apakah tetap akan maksimal permainan mereka? TENTU TIDAK!
Ya dan seperti itulah tubuh kita yg terdiri dari banyak organ dan sel.

4. HALO! Gemuk atau tidaknya anda pengaruh dari banyaknya anda makan dalam sehari! Beberapa orang minum multivitamin langsung gemuk karena penyerapan nutrisi makanannya jadi maksimal. Biasa makan 5 porsi nasi padang ga gemuk-gemuk, begitu minum multivitamin langsung GEMUK! Solusinya? Ya kurangin lah porsi makan nya jadi 3 porsi padang!!!

5. *sigh, nafas dulu. Intinya begini ya, semua yg tidak seimbang pasti menimbulkan bahaya. Nasi, gula, minyak, protein, bahkan vitamin. Bahkan air putih yg PALING SEHAT juga bahaya bisa bikin orang mati! (terbukti ada yg mati minum air dlm jumlah banyak untuk memecahkan record). JADI, YES multivitamin atau protein atau apapun akan bahaya bila tidak diimbangi dengan minum air putih yg cukup yaitu minimal 3-4 liter sehari. Atau bila dosis multivitaminnya melebihi kebutuhan tubuh anda. Nah makanya multivitamin itu pasti sudah ada dosis anjurannya sehari berapa tablet dan ada keterangan untuk anak-anak, dewasa, bahkan 50+

Nah semoga bila ada dari anda yg punya pikiran dari kelima hal itu terpuaskan sudah setelah membaca penjelasan saya.

Lanjut..

Vitamin C doank cukup gak??
Biasanya di dalam Multivitamin itu ada Minerals juga. Nah semua hal ini tidak dapat dipisah-pisah, karena saling berkesinambungan dan saling membutuhkan untuk melakukan banyak proses sintesis.
Maka dari itu TIDAKLAH CUKUP bila kita cuma konsumsi VITAMIN C doank.. Vitamin C itu bagus dan disebut salah satu terbagus dari semua vitamin tapi bukan berarti tubuh kita cuma perlu vitamin C dan say goodbye pada vitamin dan mineral lainnya.

Kandungan Multivitamin :
– Vitamin A
– Vitamin C
– Vitamin D
– Vitamin E
– Vitamin K
– Vitamin B1 (Thiamin)
– Vitamin B2 (Riboflavin)
– Niacin
– Vitamin B6
– Folic Acid
– Vitamin B12
– Panthotenic Acid
– Biotin
– Calcium
– Iodine
– Magnesium
– Zinc
– Selenium
– Chopper
– Manganese
– Chromium
– Boron
– Silica
– Molybdenum
– Potassium

Nah ini merupakan kandungan umum pada standard multivitamin supplement. Yang terdiri dari Minerals, Oil Soluble Vitamins, dan Water Soluble Vitamin.
Maksudnya apa??? Jadi vitamin ini ada yg larut dan diproses dengan minyak dan ada yg dengan air saja. Nah dari sini kita bisa ambil kesimpulan bahwa tubuh kita butuh minyak, jadi jangan takut sama minyak! Tanpa minyak ya tidak sehat juga.

Lihat deh begitu begitu banyak nutrisi mikro yg kita butuh dalam sehari. PERTANYAANNYA! APAKAH ANDA SANGGUP MEMAKAN SEMUA MAKANAN YG MENGANDUNG SEMUA VITAMIN DAN MINERAL DALAM SEHARI??? Itupun bila anda tahu dan hafal setiap makanan mengandung apa saja.

Kenapa disebut nutrisi Mikro?? karena semua multivitamin dan mineral ini hanya diperlukan dalam komposisi yg sangat kecil dalam tubuh kita, umumnya berkisar dari 1mg – 300mg tergantung pada jenisnya. Karena itu dikemas dalam bentuk suplemen multivitamin supaya praktis untuk diminum bersama makanan untuk melengkapi nutrisi MAKRO dan MIKRO anda saat LUNCH etc.

Yah intinya untuk kesehatan terlalu banyak pembahasannya, jadi kita loncat aja ke yg ada topik ototnya. hahaha..

APA GUNANYA DALAM DUNIA FITNES MEMBANGUN OTOT???

1. Multivitamin dan mineral membantu pencernaan dan penyerapan makanan makro anda JAUH lebih maksimal. Anda mau makanan yg anda makan itu lebih banyak diserap ke otot dan otak atau berakhir di jamban sebagian besar digerogoti oleh bakteri jahat!!??
2. Meningkatkan kesehatan anda. Enak ga sih fitness tapi masi suka kena sakit flu batuk dll??? bagaimana otot mau besar kalo badannya sibuk recovery dari virus bakteri terus.
3. Banyak mineral seperti Magnesium, Manganese, Potassium, Selenium, Zinc etc yg sangat membantu muscle growth.
4. Multivitamin adalah SUPLEMEN TERPENTING DAN PRIORITAS UTAMA DIBANDING SUPLEMEN YG LAIN.
5. Vitamin dan Mineral dibutuhkan oleh setiap organ bahkan tubuh kita, juga tulang! Nah kalian harus tahu dong, untuk membentuk otot itu formulanya bukan cuma = ANGKAT BEBAN -> MAKAN PROTEIN -> OTOT ??!! Untuk membentuk otot itu melibatkan hampir semua organ, sel dan tentu tulang kita. Formulanya sangat kompleks namun karena tubuh kita sakti, terlihat seolah-olah sangat simple.

Ok deh saya kasi contoh kompleks gambaran : (latihan angkat beban dgn kekuatan tulang, otot, saraf etc untuk merusak otot dan merangsang Growth Hormone dan hormone lainnya, lalu kita makan yang akan dicerna pertama oleh mulut kita oleh gigi, saliva etc, lalu ke perut dicerna lagi, ke pankreas dicerna, ke liver dicerna, diserap di duodenum jejunum etc… lewat ginjal juga darahnya detox dll.. lalu dialirkan ke seluruh organ sperti otak etc, sementara itu kelenjar-kelenjar pituitari, hypotalamus etc bekerja di bawah sadar memproduksi hormon untuk anabolic otot, storing fats, break down fats etc and many shits! Lalu pada akhirnya semua organ tercukupi kebutuhannya dan otot yg rusak pun dipulihkan lagi dgn kondisi yg lebih kuat dan so on, sisanya ke jamban!

I ain’t a doctor so forgive me kalo tidak detil. Ini hanya contoh gambaran proses kurang lebih demikian.

Saya pribadi sudah merasakan rasanya punya tubuh yg susah terserang penyakit, andaikan musim flu atau radang tenggorokan menyerang… yah mereka cuma hinggap sebagai gejala di hari itu doang, besoknya sudah hilang dikalahkan oleh tubuh.

Btw kenapa banyak doktor ga titip salam untuk selalu minum multivitamin???
Ini juga saya bingung kenapa!! hahahahha.. yahh nanti klo orang-orang pada sehat, income nya berkurang kali bos.. WHO KNOWS!!

Seperti kata pepatah : LEBIH BAIK MENCEGAH DENGAN SUPLEMEN DARIPADA MENGOBATI DENGAN OBAT.

AYO SAYANGILAH TUBUHMU SENDIRI, PUNYA TUBUH FIT ITU INDAH. PERCUMA PUNYA OTOT BESAR KUAT TAPI MUDAH SAKIT.

SEMUA INI HANYA SARAN!!! BILA TIDAK PERCAYA ATAU MENENTANG, DO YOUR OWN FUCKING RESEARCH! GOOGLE AJA HOW IMPORTANT MULTIVITAMIN SUPPLEMENT FOR HUMAN!

Inilah alasan mengapa saya pribadi selalu memberi saran untuk membeli suplemen fitnes multivitamin. Saya juga dulu perna cuek berpikiran sempit soal ini hingga pada akhirnya saya sadar dan merasakan banyak perubahan serta manfaat dari multivitamin. Apalagi sekarang banyak multivitamin yang sudah dirancang dengan baik untuk pefitness mania seperti optimen, anavite, dll. Jadi tinggal manfaatin saja.

Namun…
Pada akhirnya terserah kalian BROTHERS AND SISTERS!!!

SALAM SEHAT DAN SEXY:

BRIAN YOKUBARI

Please follow and like us: