Yang dapat diambil dari artikel ini:

  • Weight Loss tidak sama dengan Fat Loss
  • Weight Loss adalah turunnya berat badan karena mengurangnya otot, lemak dan air dalam tubuh.
  • Weight Loss membuat terlihat kurus tidak berotot, lemah, cepat tua dan menurunnya imunitas tubuh.
  • Weight Loss bisa diaplikasikan pada mereka yang mempunyai berat diatas rata-rata dan belum mempunyai waktu gym.
  • Inti dari weight loss adalah mengurangi kalori masuk sebanyak-banyaknya.
  • Fat Loss tidak berarti berat badan anda harus turun. Fat Loss menargetkan pada berkurangnya kadar lemak dalam tubuh.
  • Latihan untuk fat loss adalah dengan menggunakan beban berat yang bisa diangkat sebanyak 8 – 12 repetisi tanpa spotter. Fokus pada compound movement. Tambah kardio pada akhir sesi latihan.
  • Pilihlah makanan berserat, ganti simple carbs dengan complex carbs seperti nasi merah. Pastikan asupan protein mencukupi.

Setiap hari saat pergi ke loker di gym saya sering sekali melihat orang-orang sibuk dengan timbangan yang disediakan, termasuk saya sendiri. Namun suatu saat tidak sengaja terdengar oleh saya seperti ini “eh, gua punya timbangan udah turun loh. Berhasil nih workout gua. Tapi kok berat gua udah turun 5kg masih belom ada six pack ya? Padahal kalau menurut BMI (Body Mass Index) berat badan gua ini udah termasuk ideal banget loh”. Menurut Anda apa yang salah dengan pernyataan orang tersebut?

suplemenku-fitgirl

Menurut saya, pengertian member tersebut tentang kaitan antara berat badan dengan mendapatkan six pack masih keliru, oleh karena itu saya tidak ingin kita semua mempunyai pengertian yang keliru akan hal ini. Pertama kita harus ingat bahwa:

Weight Loss ­≠ Fat Loss

Definisi Weight Loss adalah keadaan dimana timbangan berat badan kita turun secara keseluruhan, baik otot maupun lemak kita. Bahkan, kandungan air di dalam tubuh berkurang pun bisa kita anggap sebagai weight loss. Kenapa? Sama seperti ketika anda minum 1 liter air kemudian menimbang badan anda beratnya akan naik. Karena itu ketika kita berolahraga dan berkeringat namun tidak minum air, maka berat badan kita akan turun dengan sendirinya. Inilah yang kita sebut sebagai weight loss.

suplemenku-weight-fat-loss-1

Pada weight loss tubuh kita hanya akan berubah menjadi kurus tetapi tidak terlihat berotot berdasarkan pada penjelasan diatas bahwa badan kita kehilangan otot dan lemak secara bersamaan. Selain itu tubuh menjadi lemah, cepat tua dan menurunnya imunitas tubuh. Weight loss pun lebih mudah caranya. Kita hanya perlu mengurangi segala jenis kalori yang masuk ke dalam tubuh kita, khususnya dari makanan dan minuman manis juga snack. Fokuskan pada makanan utama saja dan perbanyak minum air putih adalah beberapa langkah yang dapat diambil.

Lalu apakah weight loss adalah hal yang buruk? Tentu tidak. Saya tetap menganjurkan bagi anda yang belum mempunyai waktu untuk fitness agar melakukan program weight loss terlebih dahulu, khususnya bagi yang merasa beratnya berada diatas rata-rata. Dengan catatan anda tidak terlibat dalam aktivitas olahraga atau minim, anda bisa mengacu pada tabel berikut ini:

suplemenku-weight-fat-loss-2

Fat Loss, di sisi lain, tidak serta merta berarti berat badan anda turun. Maksud saya seperti ini, katakanlah berat awal 80Kg dengan massa otot 65%, body fat 23%, dan kadar air 12%. Lalu kita berolahraga selama tiga bulan dengan program latihan yang tepat dan juga diet makanan yang teratur. Kemudian kita menimbang lagi dan yang kita dapat adalah berat menjadi 80Kg dengan massa otot 77%, body fat 11% dan kadar air 12%. Apa yang terjadi disini? Artinya adalah kita berhasil membuang 12Kg lemak dan menambah 12Kg otot dalam jangka waktu 3 bulan. Tentu ini hanyalah angka rekayasa saja namun Anda sudah mengerti gambarannya bukan?

suplemenku-weight-fat-loss-3

Fat loss, layaknya bodybuilder, menargetkan untuk mengurangi lemak sebanyak-banyaknya dari tubuh sampai sekitar 2-4% (tidak dianjurkan untuk yang bukan pro bodybuilder). Namun mereka masih ingin seluruh gains yang didapat selama masa bulking bisa terjaga semaksimal mungkin. Hasilnya adalah tubuh yang terlihat kekar menunjukkan hasil kerja keras mereka, dan ini yang akan kita dapat ketika mengusung program fat loss.

suplemenku-fitgirl-4

Untuk program fat loss, saya menganjurkan anda untuk melakukan latihan beban dan juga kardio. Latihan beban yang perlu dilakukan pada tahap ini adalah untuk membangun sebanyak mungkin massa otot pada tubuh agar metabolisme meningkat. Karena itu usahakan agar workout set anda memiliki jumlah 8 – 12 repetisi. Beban yang diangkat juga tidak boleh ringan atau terlalu berat. Jika Anda bisa melakukan 12 repetisi dengan mudah, beban terlalu ringan. Sebaliknya ketika anda tidak bisa melakukan 8 repetisi, beban terlalu berat. Pilihlah beban yang tepat dan usahakan lakukan ini tanpa spotter.

suplemenku-weight-fat-loss-4

Untuk variasi yang dipilih, fokuskan pada compound movement seperti bench press, squat, deadlift, overhead press, dll. Karena dengan compound movement Anda bisa membangun massa otot dalam skala paling besar. Berbeda dengan isolation move seperti biceps curl atau triceps extension yang hanya menargetkan otot tertentu.

suplemenku-weight-fat-loss-5

Pada setiap akhir sesi latihan, lakukan juga kardio untuk membantu fat loss. Lakukan kardio selama 30 – 60 menit (tergantung pada level fitness). Ada dua macam kardio yang paling umum yaitu Steady State Cardio (SSC) dan High Intensity Interval Training (HIIT) yang dapat anda baca di sini. Lakukan kedua jenis kardio tersebut secara berselingan, misal hari pertama adalah SSC, lakukan HIIT di hari kedua.

suplemenku-weight-fat-loss-6

Untuk memaksimalkan program fat loss ini, harus diperhatikan juga asupan makanan kita. Perbanyak makanan berserat, ganti tipe simple carbs dengan complex carbs seperti nasi merah. Asupan protein juga harus memenuhi agar tidak terjadi katabolik (keadaan dimana tubuh mengambil asam amino dari otot yang berakibat pada muscle loss). Saya menganjurkan anda minum susu protein yang rendah kalori, rendah karbohidrat, rendah lemak seperti susu protein cepat serap / Fast Release Protein :

suplemenku-combat-isolate

Dan ada juga suplemen-suplemen yang dapat membantu mempercepat fatloss Anda seperti Fatburner, CLA, dan Carnitine.

suplemenku-musclepharm-shred-sport

Sebuah pemahaman lagi yang perlu saya berikan bahwa tidak bisa dipungkiri fat loss juga dapat berujung pada menurunnya berat badan. Namun ini akan saya bahas di lain waktu. Yang saya ingin bagikan pada kesempatan kali ini adalah untuk meluruskan pemahaman antara weight loss dengan fat loss.

 

By: Calvin Chiu