Pernah bertanya-tanya apakah harus latihan kardio dulu atau latihan beban dulu? Atau mungkin kamu pernah ditanya oleh teman mana yang lebih baik latihan beban dulu atau kardio duluan?

 suplemenku-kardio-beban-5

Sebenarnya tidak ada yang salah mau melakukan yang mana terlebih dahulu. Tetapi harus kita lihat lebih jauh lagi maksudnya ‘duluan’ itu seperti apa. Apakah maksudnya di pagi hari kita kardio kemudian sore hari kita latihan beban, atau langsung melakukan keduanya secara sekaligus. Dan juga kita harus lihat kardio yang dimaksud disini digunakan sebagai apa? Apakah digunakan sebagai pemanasan atau sebagai sebuah sesi kardio untuk melatih jantung dan pernapasan? Bukan begitu teman-teman?

Jika kardio yang kamu lakukan digunakan sebagai pemanasan, maka boleh saja kamu berjalan di atas treadmill selama kurang dari sepuluh menit (kesiapan setiap tubuh orang berbeda-beda, tetapi secara umum sepuluh menit sudah sangat lama untuk sebuha pemanasan. Biasanya lima menit cukup) untuk memastikan badan kamu hangat dan siap sebelum kamu angkat beban.

Tetapi jika kamu memilih untuk melakukan kardio terlebih dahulu SEBAGAI olahraga untuk melatih jantung dan paru-paru, maka jawabannya adalah kamu harus melakukan kardio secara terpisah, contoh di pagi hari.

suplemenku-kardio-beban-4

Namun tentu tidak semua orang memiliki kebebasan waktu untuk membagi sesi kardio dengan sesi angkat beban. Maka buat kamu yang memiliki kondisi seperti ini harus pintar-pintar untuk menyusun strategi supaya hasilnya maksimal. Jawabannya adalah melakukan latihan beban terlebih dahulu baru latihan kardio. Alasannya adalah seperti ini.

suplemenku-kardio-beban-3

Sebuah penelitian baru di the Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa ketika seseorang yang sehat, terlatih dalam latihan beban melakukan aktivitas aerobic sebelum melakukan latihan beban menunjukkan hasil sebagai berikut:

  • Repetisi yang diselesaikan lebih sedikit
  • Kekuatan dan kecepatan rata-rata dari angkatan menurun secara signifikan
  • Penilaian oleh pelaku dalam pengurasan tenaga lebih tinggi.
  • Detak jantung lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukan aerobic sebelum latihan beban.

suplemenku-kardio-beban-8

Hasil tersebut didapat setelah melibatkan aktivitas aerobic (steady-state cardio). Lalu bagaimana dengan HIIT?

Walaupun latihannya sama-sama berlari, namun keduanya adalah dua jenis kardio yang berbeda. Steady-state cardio (SSC) adalah sebuah aerobic exercise, sedangkan HIIT, jika dilakukan dengan benar, adalah anaerobic exercise.

Sekarang kita kembali ke permasalahan pada artikel ini, yakni kardio (aerobic) dahulu baru angkat beban (anaerobic)? Untuk kamu yang melakukan SSC, kamu sudah mendapatkan jawabannya. Tetapi untuk yang doyan HIIT, itu sama saja kamu melakukan anaerobic dua kali berturut-turut. Sudah pasti hasilnya salah satu dari akitivitas anaerobic itu tidak akan maksimal. Tetapi kalau kamu masih mau melakukannya, ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang sama.

Aerobic Endurance yang dilakukan pada sebuah alat khusus yang mengatur kecepatan yang disesuaikan dengan:

  • 60% dari VO2 partisipan selama 45 menit
  • 75% dari VO2 partisipan selama 20 menit
  • 90-100% dari VO2 partisipan dalam interval 3 menit (rasio 1:1, work to rest ratio) sebanyak 5 set
  • 75% dari VO2 partisipan pada incline 6-9% selama 20 menit.

Hasilnya adalah semua metode Aerobic Endurance (AE) yang dilakukan akan menurunkan performa seorang individu, dan yang melakukan HIIT adalah yang mengalami penurunan paling drastis.

suplemenku-kardio-beban-2

Nah, kamu sekarang sudah tahu kan bagaimana dampaknya kalau kamu melakukan aerobic exercise sebelum kamu melakukan latihan angkat beban? Apalagi kalau kamu lakukan HIIT sebelumnya, wah kamu bisa kehilangan kesempatan berharga untuk bisa mendapatkan hasil pertumbuhan otot yang maksimal.

Mungkin kamu berpikir kalau sebaiknya menyelesaikan seluruh high-intensity training di saat yang bersamaan supaya ada waktu lebih banyak untuk recovery. Boleh saja, tetapi sebagaimana inti dari artikel ini sebaiknya kamu lakukan angkat beban terlebih dahulu baru kamu lakukan anaerobic exercise lainnya seperti HIIT tersebut.

suplemenku-kardio-beban-7

Jangan lupa juga, kamu latihan keras harus didukung dengan asupan gizi yang baik dan juga istirahat yang cukup. Untuk mempercepat proses recovery kamu, kami menyediakan Susu Protein untuk membantu membangun otot dan mengencangkan badan, Fatburner untuk memaksimalkan cardiomu, dan Pre Workout untuk meningkatkan staminamu.

suplemenku-musclepharm-combat-isolate-2Susu Protein

quadraleanFatburner

suplemenku-rsp-dyn-oPre Workout


Artikel terkait:

By: Calvin Chiu

Please follow and like us: