suplemenku-diet-salah-1

1. Mengadopsi program diet yang menggiurkan di media

Majalah, televisi, sosial media dan banyak lagi media-media lainnya yang sering mengiklankan program-program diet mereka seperti ‘turunkan berat badan dalam lima minggu’. Untuk mayoritas orang yang sudah menjalankan “diet” selama berbulan-bulan tanpa hasil (yang signifikan), iklan tersebut bisa sangat menggiurkan.

Bahkan terkadang diklaim juga bahwa kita bisa sembari makan junk food seperti pizza, hamburgers, kue dan lainnya yang penting kita makan porsi makanan yang mereka sudah sediakan (prepackaged) dan berat tubuh kita tetap akan turun. Sayangnya program-program seperti ini memiliki angka kegagalan yang tinggi sekitar 97% dalam jangka panjang.

Beberapa hal yang menyebabkan kita termakan omongan itu adalah:

  1. Depresi – diet kita gagal
  2. Tawaran menggiurkan – menurunkan berat badan dalam lima minggu
  3. Tidak berpikir kritis – kita tidak bertanya siapa yang membuat program, dan apakah program tersebut bisa diaplikasikan pada kita?

Salah satu trik yang sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan seperti tersebut adalah mengadopsikan low calorie diet yang memang berhasil selama diet tersebut dilakukan, tetapi dengan konsekuensi tubuh akan kembali ke titik awal pada saat diet berakhir.

Mengapa hasilnya sementara? Karena low calorie diet adalah cara paling paten untuk menghilangkan massa otot, menurunkan metabolisme dan membuat tubuh ‘meminta’ apa yang dibutuhkan setelah rasa lapar memuncak.

Jadi inti dari diet yang ada dari iklan tersebut sebenarnya adalah mereka menginginkan kita untuk terus membeli produk-produk mereka.

2. Mengabaikan yang ‘jelas’

suplemenku-diet-salah-2

Persepsi kita dalam melakukan diet lebih sering seperti ini:

Tersedia sebuah daging steak di piring dan juga sayur-sayuran, namun tidak ada kentang goreng. Rata-rata dari kita akan meminta kentang goreng untuk ‘memenuhi’ kebutuhan makanan kita karena (bagi kita fitness mania) belum ada karbohidrat, atau bagi orang umum belum lengkap tanpa kentang goreng. Lalu minumnya harus minuman bersoda atau wine/beer agar sesuai dengan tema makanannya.

Hal-hal seperti ini juga sering membuat kita jadi makan terlalu banyak, karena kita sering menambahkan kalori-kalori yang seharusnya tidak kita makan. Selain itu kita juga sering tidak jujur dan membuat alasan seperti ‘kentang goreng sekali-kali tidak apa-apa’ yang akhirnya selalu membuat kita gagal dalam diet.

Solusinya sebenarnya mudah, bisa dengan menyiapkan jurnal makanan atau jangan kompromi dengan makanan-makanan yang sudah jelas bisa merusak program diet kamu.

3. Makan ‘makanan sehat palsu’

suplemenku-diet-salah-3

Percayakah kita kalau sebenarnya banyaaakkkk sekali makanan-makanan yang disebut-sebut sebagai makanan sehat tetapi palsu. Biasanya mereka sering mengiklankan diri mereka seperti ini ‘kurangi asupan karbohidrat’ atau ‘makanan pengganjal yang sehat’.

Lebih parah lagi, makanan-makanan yang sering kita lihat sebagai makanan ‘sehat’ sebenarnya tidak sehat. Makanan atau minuman yang sering disebut sebagai ‘low fat/sugar free/high fiber’ dst masih bisa membuat tubuh kita gemuk.

Dan karena produk-produk seperti ini terlihat ‘sehat’ maka kebanyakkan orang juga akan makan dalam jumlah yang berlebih. Alhasil, tubuh tidak akan turun berat badannya.

4. Terobsesi dengan fat loss, tidak makan dan mengharapkan hypertrophy

suplemenku-diet-salah-4

Salah satu kesalahan terbesar adalah mengharapkan fat loss dengan tidak makan. Khususnya jika kamu adalah seorang yang aktif dalam latihan, kamu tidak akan bertambah kurus kalau tidak makan. Cenderung berat tubuh akan tetap atau bahkan naik jika asupan makanan dikurangi.

Masalahnya adalah disini: Kebanyakkan dari kita tidak sadar bahwa yang bisa terus membakar lemak walau dalam istirahat adalah otot, dan otot sangat membutuhkan bahan bakar untuk melakukan tugasnya. Lebih parah lagi, otot adalah salah satu tempat penyimpanan bahan bakar yang ada di tubuh dan jika terus diambil, maka otot tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, kalau kamu latihan dan tidak makan kamu malah membebani kerja otot kamu. Karena kamu memaksa mereka untuk bertambah besar tetapi juga digerogoti oleh tubuh sendiri. Sangat kasihan nasib mereka.

Solusinya adalah makan. Tetapi bukan berarti kita makan seperti junk-food (balik ke poin kedua). Makan-makanan yang penuh gizi agar otot kamu bisa berfungsi sebagai fat burner alami.

5. Terlalu banyak makan pada malam hari

suplemenku-diet-salah-5

Mungkin poin kelima ini sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Alasannya pun sudah cukup jelas karena di malam hari tubuh sudah tidak banyak melakukan aktivitas sedangkan di siang hari kita sangat aktif.

Namun mengapa hal ini masih sering terjadi? Karena paradigma tentang diet begitu besar. Biasanya kalau pada perempuan suka melakukan diet berbarengan dengan temannya agar ‘termotivasi’. Pagi hari sukses, siang hari sukses, malam hari gagal. Kenapa demikian? karena rasa lapar berakumulasi. Maksudnya adalah ketika pagi hari kita mengurangi 500 kalori dan siang hari juga 500 kalori, maka tubuh sudah defisit 1000 kalori untuk satu hari tersebut. Lalu tubuh akan mencari (ingat bahwa tubuh hanya berpikir untuk survive) pada malam hari sehingga kita menjadi lapar dan akhirnya makan lebih banyak untuk mengkompensasi.

Solusi: Makan pagi adalah kunci utama dan juga makan siang harus cukup untuk menahan rasa lapar sampai jam makan di sore/malam hari.

suplemenku-diet-salah-6

Nah sekarang kita sudah melihat beberapa kesalahan-kesalahan umum yang terjadi baik di dunia fitness maupun untuk yang ingin menurunkan berat badan semata. Oleh karena itu mulai perhatikan asupan makanan kamu dengan baik. Kelihatannya kesalahan-kesalahan yang kita lakukan hanya sebagian kecil saja namun sebenarnya kesalahan tersebut bisa bersifat fatal.

Salah satu cara yang benar dalam melakukan diet adalah dengan mengkonsumsi diet yang well-balanced. Artinya terdapat karbohidrat, lemak dan protein. Biasanya yang paling sulit adalah memenuhi kebutuhan protein dan oleh sebab itu kamu bisa mendapatkan protein dari suplemen rekomendasi kami di bawah ini…

suplemenku-rsp-bioviteMultivitamin

quadraleanFatburner

suplemenku-musclepharm-combat-100-whey-5lbProtein


Artikel terkait:

By: Calvin Chiu

 

Please follow and like us: