Yang dapat diambil dari artikel ini:

  • Ketahui jenis badan anda sebelum anda melakukan latihan dan perubahan pola makan. Kesalahan pada tahap ini akan membuat gol anda menjadi lebih sulit dicapai.
  • Jaringan lemak dalam tubuh adalah hal pertama yang harus ditindak. Mengurangi asupan makanan hanyalah langkah awal dan bersifat sementara. Untuk jangka waktu panjang, anda perlu melakukan latihan beban dan juga kardio.
  • Minum lebih banyak air. Air putih menjaga tubuh anda berfungsi secara optimal.
  • Protein berperan penting dalam membangun otot di dalam tubuh. Pilihlah protein dengan kadar kalori rendah.

Mempunyai perut six pack sudah menjadi idaman dari setiap pria di dunia ini. Dari saat kita masih remaja mungkin kita sudah mulai melakukan sit up puluhan bahkan ratusan kali setiap hari demi mendapatkan perut six pack. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan hasil hanya dengan melakukan sit up sendiri, melainkan diperlukan upaya lebih seperti mengatur pola diet yang baik dan juga latihan beban. Karena itu, dalam artikel ini saya ingin berbagi tips agar anda bisa mendapatkan perut six pack yang sudah lama anda inginkan.

membuat-perut-six-packs-1

Sebelum Anda memulai latihan, ada baiknya kita mengetahui jenis badan Anda terlebih dahulu. Badan manusia terbagi menjadi tiga jenis yaitu Ectomorph, Mesomorph dan Endomorph. Ketiganya mempunyai jenis latihan dan pola diet yang berbeda-beda. Oleh karena itu, langkah ini adalah langkah awal yang sangat penting jika Anda menginginkan hasil maksimum dalam waktu yang singkat. Anda bisa mengurangi kesalahan-kesalahan karena ketidaktahuan atas jenis badan yang kita miliki. Sebagai contoh, jika kita seorang ectomorph tentu kita tidak ingin melakukan latihan dengan pola endomorph. Anda bisa membaca lebih jauh apakah anda seorang Ectomorph, Mesomorph atau Endomorph berikut latihan dan pola diet yang harus dilakukan disini (baca: Apakah Anda seorang Ecto, Endo atau Meso?).

Selanjutnya, ada hal lain yang harus kita ketahui mengenai sit up. Kebanyakkan dari kita mungkin sudah mendengar untuk mempunyai perut six pack kita perlu melakukan sit up. Tapi bagaimana jika saya katakan itu tidak sepenuhnya benar? Pada dasarnya perut kita sudah memiliki bentuk six pack. Hanya saja, jaringan lemak yang melapisi perut kita membuat otot six pack menjadi samar. Sit-up membantu menebalkan otot perut anda, tetapi jika jaringan lemak tidak dipangkas, otot six pack tersebut tidak akan kelihatan. Karena itu, langkah kedua yang harus diambil adalah memangkas jaringan lemak tersebut. Anda akan mulai melihat six pack pada waktu lemak berada pada kisaran 15% kebawah, idealnya adalah 10-12%. Anda bisa melihat gambar di bawah ini sebagai referensi:

membuat-perut-six-packs-2Contoh Presentase Fat Pada Pria

membuat-perut-six-packs-3Contoh Presentase Fat Pada Wanita

Untuk mengurangi jaringan lemak pada tubuh, langkah paling sederhana yang dapat diambil adalah dengan mengurangi asupan makanan. Persamaan dasar yang perlu anda ingat adalah

Kalori masuk > Kalori dibakar = weight gain

Kalori masuk < Kalori dibakar = weight loss

Tetapi perlu diingat, bahwa weight loss tidak sama dengan fat loss (baca: cara menghilangkan lemak dengan menjaga massa otot). Weight loss akan mengurangi berat badan kita secara keseluruhan dimana bukan hanya lemak kita yang berkurang, tetapi juga massa otot. Oleh karena itu, hanya dengan mengurangi asupan makanan tanpa latihan tidak akan membuat anda terlihat atletis. Lagipula, metode ini hanya bersifat sementara saja. Hal ini dikarenakan badan kita sangat pintar dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan rutinitas baru. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam jangka panjang, anda perlu melakukan latihan beban (baca: fat loss weight training) dan juga kardio (baca: kelebihan dan kekurangan SSC dan HIIT).

Selain dari mengurangi asupan makanan, melakukan kardio dan juga latihan beban, anda juga bisa mempercepat weight loss anda dengan cara minum air putih  (baca: bagaimana air putih membantu menurunkan berat badan). Minum air putih diklaim dapat meningkatkan pembakaran kalori. Minum air putih sebelum makan juga dapat menurunkan nafsu makan anda. Selain itu, air tidak mengandung kalori sama sekali (0 kalori). Menurut penelitian, hanya dengan minum air putih selama 12 minggu membantu menurunkan berat badan sebanyak dua kilogram (dengan tidak berolahraga dan hanya menambah asupan air).

membuat-perut-six-packs-4Orang Fitness wajib minum air putih lebih banyak daripada yang lain.

Langkah terakhir yang kami anjurkan adalah memantau protein intake anda. Pastikan asupan protein kita tinggi selama masa-masa mengejar six pack. Protein membuat badan kita memiliki metabolisme yang tinggi. Artinya, tubuh kita akan membakar lebih banyak kalori. Protein juga menjaga massa otot anda akibat dari low calorie diet. Anda tentu tidak ingin otot yang sudah Anda bangun menjadi kendor karena tidak mendapat asupan makanan yang cukup. Protein akan membantu anda mengatasi hal ini. Dan yang terakhir protein juga membuat kita merasa lebih kenyang. Jika kita merasa kenyang, akan lebih mudah rasanya untuk menahan godaan untuk ngemil sepanjang hari. Salah satu sumber protein yang paling mudah didapat berasal dari suplemen. Jika Anda memilih cara ini, pastikan Anda memilih suplemen protein dengan kalori rendah.

Beberapa jenis suplemen fitness yang kami rekomendasikan adalah:

suplemenku-musclepharm-combat-100-whey-5lbMusclePharm Combat Whey

suplemenku-combat-isolateMusclePharm Combat Isolate

Klik Di Sini Untuk Contoh Whey Protein isolate

Suplemen yang dapat membantu membakar lemak dikenal dengan nama Fat Burner dapat Anda dapat kan di webstore kami.

Ingat bahwa tidak ada jalan pintas untuk mendapatkan six pack. Six pack merupakan otot yang paling susah untuk dapat terlihat dengan jelas. Dibutuhkan komitmen yang sangat tinggi untuk bisa mendapatkannya. Tetapi Anda bisa mempercepat dengan belajar dari pengalaman orang lain untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sudah mereka lewati sehingga Anda tidak membuang waktu lagi untuk jatuh ke dalam kesalahan yang sama.


 

Artikel terkait:

By: Calvin Chiu