Ketika kita belanja di supermarket atau sekedar belanja suplemen coba perhatikan label dengan tulisan ‘Nutrition Facts’. Mengapa?

Karena label tersebut berisi informasi penting untuk mengetahui apa yang kita makan. Perusahaan-perusahaan harus secara transparan memberi tahu bahan dasar yang digunakan dan juga bahan kimianya.

Pada umumnya, label Nutrition Facts terdiri atas informasi tentang kalori dan 13 kandungan nutrisi lainny, yakni lemak, lemak jenuh, trans fat, kolestrol, sodium, karbohidrat, fiber, gula, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium dan zat besi.

suplemenku-nutrition-facts-1

Overview

Informasi pada bagian utama atau bagian teratas (lihat nomor #1-4 dan #6 pada contoh di atas), akan berbeda satu dengan makanan lainnya; label tersebut berisi informasi spesifik produk tersebut (Jumlah per sajian, kalori, dan informasi nutrisi). Bagian bawah (lihat nomor #5 pada contoh di bawah) berisi catatan kaki dengan Daily Values (DVs) untuk diet dengan jumlah kalori 2000 dan 2500 kalori. Catatan kaki tersebut menyediakan informasi asupan tentang nutrisi yang penting, termasuk lemak, sodium dan fiber. Catatan kaki hanya ditemukan pada kemasan yang lebih besar dan tidak berubah dari satu produk dengan produk lainnya.

Contoh label nutrition facts di atas sudah diberi warna pengelompokkan pada bagian-bagian tertentu untuk mempermudah kita fokus pada aera yang akan dibahas secara mendetil. Kita tidak akan menemukan warna pengelompokkan ini pada produk yang akan kita beli.

Contoh label nutrisi diambil dari label keu makaroni.

1. Takaran Saji

suplemenku-nutrition-facts-2

Bagian pertama untuk dilihat pada waktu membaca Nutrition Facts adalah takaran saji (serving size) dan juga jumlah sajian per kemasan (servings per container). Takaran saji sudah distandarisasi untuk mempermudah kita pada saat membandingkan dengan makanan yang mirip; ditulis dalam unit satuan yang umum, seperti cup atau piece, yang diiktui dengan jumlah metrik, yakni dalam gram.

Jumlah sajian per kemasan mempengaruhi angka kalori dan seluruh nutrisi yang dituliskan pada bagian atas label. Perhatikan pada jumlah sajian per kemasan, terutama berapa banyak sajian di dalam sebuah kemasan. Lalu tanya pada diri kita sendiri, “Berapa banyak sajian yang saya konsumsi”? (contoh: 1/2 serving, 1 serving, atau lebih). Pada contoh label diatas, satu serving sama dengan satu cup. Jika kita makan semua, maka kita makan dua cup. Artinya, angka kalori dan nutrisi yang dikonsumsi pada saat itu telah digandakan, termasuk %Daily Values seperti yang telah diperlihatkan pada contoh label.

Contoh
Single Serving %DV   Double Serving %DV
Serving Size 1 cup (228g) 2 cups (456g)
Calories 250 500
Calories from fat 110 220
Total Fat 12g 18% 24g 36%
Trans Fat 1.5g 3g
Saturated Fat 3g 15% 6g 30%
Cholestrol 30mg 10% 60mg 20%
Sodium 470mg 20% 940mg 40%
Total Carbohydrat 31g 10% 62g 20%
Dietary Fiber 0g 0% 0g 0%
Sugars 5g 10g
Protein 5g 10g
Vitamin A 4% 8%
Vitamin C 2% 4%
Calcium 20% 40%
Iron 4% 8%

2. Kalori (dan kalori dari lemak)

Kalori memberikan ukuran pada banyaknya energi yang kita dapatkan dari satu sajian makanan. Kebanyakkan orang mengkonsumsi antara lebih banyak/lebih sedikit kalori tanpa memenuhi rekomendasi asupan beberapa nutrisi. Bagian kalori pada label akan membantu kita untuk menjaga berat badan kita (seperti menambah berat, mengurangi atau menjaga).

Ingat: jumlah sajian yang kita konsumsi menentukan jumlah kalori yang sebenarnya kita makan (jumlah per porsi).

suplemenku-nutrition-facts-3-png

Pada contoh, terdapa 250 kalori dalam sebuah sajian dari keju makaroni. Berapa banyak kalori dari lemak dalam satu sajian? Jawaban: 110 kalori, yang artinya hampir 1/2 dari kalori dalm satu sajian datang dari lemak. Apa yang terjadi ketika kita makan seluruh kemasan tersebut? Artinya, kita mengkonsumsi 2 sajian, atau 500 kalori dan 220 dari kalori tersebut datang dari lemak.

Panduan umum tentang kalori

  • 40 kalori = rendah
  • 100 kalori = sedang
  • >400 kalori = tinggi

Panduan umum tentang kalori memberikan referensi umum kalori ketika kita melihat label nutrisi. Panduan ini berdasarkan diet dengan 2000 kalori.

Mengkonsumsi terlalu banyak kalori dalam sehari akan menyebabkan kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas.

3 dan 4. Nutrisi: Seberapa banyak?

Lihatlah pada bagian atas dari contoh label. Label tersebut menunjukkan beberapa nutrisi penting yang berdampak pada kesehatan dan dibagi kedalam dua grups:

Batasi nutrisi ini (#3 pada label contoh)

suplemenku-nutrition-facts-4-png

Gizi yang dituliskan pada bagian ini adalah yang biasanya dimakan dalam kadar cukup atau lebih sering terlalu banyak. Diidentifikasikan dengan warna kuning dengan arti untuk membatasi gizi tersebut. Terlalu banyak makan lemak, lemak jenuh, trans fat, kolestrol, atau sodium bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker atau tekanan darah tinggi.

Penting: Para ahli kesehatan merekomendasikan agar kita menjaga asupan saturated fat, trans fat dan kolestrol serendah mungkin sebagai bagian dari diet dengan gizi seimbang.

 Cukupi gizi ini (#4 pada label contoh)

suplemenku-nutrition-facts-5

Kebanyakkan orang tidak mengkonsumsi cukup fiber, vitamin A, vitamin C, kalsoum, dan zat besi di dalam diet mereka. Diidentifikasikan dengan warna biru dengan maksud penuhi kebutuhan gizi tersebut. Jika kita bisa memenuhi gizi tersebut makan tingkat kesehatan akan meningkatan dan juga menurunkan resiko terkena beberapa penyakit dan kondisi. Sebagai contoh, mengkonsumsi cukup kalsium bisa menurunkan resiko terkena osteoporosis, kondisi dimana tulang menjadi keropos seiring menjadi tua. Memakan cukup fiber akan memperlancar kerja pencernaan (lancar BAB). Selain itu, diet yang tinggi akan buah, sayur dan biji-bijian yang mengandung fiber, lebih spesifiknya lagi fiber yang larut, dan rendah lemak jenuh dan kolestrol bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Ingat: Kita bisa menggunakaan label nutrisi bukan hanya untuk membatasi gizi-gizi yang harus kita kurangi tetapi juga menambah gizi-gizi lain yang perlu dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar.

bersambung ke bagian 2…

Pastikan kemasan yang kamu beli memiliki kandungan gizi yang baik seperti produk-produk kami di bawah ini:

suplemenku-mp-isolate-5 Kandungan dari Protein Pure Isolate


Artikel terkait:

By: Calvin Chiu