Sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana kita bisa menggunakan Nutrition Facts Label untuk mengetahui seberapa banyak nilai gizi yang telah kita makan. Pada bagian kedua dari seri Nutrition Facts Label ini, kita akan melihat lebih dalam lagi mulai dari bagian catatan kaki dan penggunaan %Daily Value.

suplemenku-nutrition-facts-11

5. Memahami catatan kaki di bagian bawah label nutrisi

(#5 pada contoh label)

suplemenku-nutrition-facts-7

Perhatikan bagian yang diberi tanda asterik (*) pada tulisan “% Daily Value” pada label nutrisi. Tanda asterik tersebut mengacu pada catatan kaki di bagian bawah lable nutrisi, yang memberitahukan “%DV didasari pada diet 2000 kalori”. Pernyataan ini harus dicantumkan pada label di seluruh makanan. Tetapi informasi tersisa pada catatan kaki yang lengkap mungkin tidak ada di kemasan jika ukuran dari label terlalu kecil. Ketika catatan kaki yang lengkap dicantumkan, informasinya akan selalu sama. Informasi tersebut tidak akan berbeda dari satu produk dengan produk lainnya, karena catatan kaki tersebut menunjukkan rekomendasi diet untuk seluruh manusia – bukan karena jenis makanan tertentu.

Lihat pada angka di lingkaran merah pada catatan kaki – merepresentasikan Daily Values (DV) untuk setiap gizi yang ditulis dan didasari dari pakar kesehatan. DVs adalah rekomendasi tingkat asupan. DVs pada catatan kaki berdasarkan pada diet 2000 atau 2500 kalori. Perhatikan bagaimana DVs untuk beberapa daftar gizi berubah, sedang yang lainnya (kolestrol & sodium) tetap memiliki nilai yang sama pada diet 2000 dan 2500 kalori.

Apa hubungannya antara Daily Values dengan %DVs

Lihat contoh dibawah untuk melihat bagaimana Daily Values (DVs) berhubungan dengan %DVs dan juga paduan asupan gizi. Untuk setiap daftar gizi selalu ada DV, %DV, dan saran asupan / tujuan. Kalau kita mengikuti saran tersebut, kita mengkonsumsi asupan makanan sesuai dengan rekomendasi pakar kesehatan, berdasarkan diet 2000 kalori.

Contoh dari DVs versus % DVs

Berdasarkan diet 2000 kalori

Nutrient DV %DV Goal
Total Fat 65g =100%DV Less Than
    Sat Fat 20g =100%DV Less Than
Cholestrol 300mg =100%DV Less Than
Sodium 2400mg =100%DV Less Than
Total Carbohydrate 300g =100%DV At least
    Dietary Fiber 25g =100%DV At Least

Batas atas – konsumsi “kurang dari”…

Gizi yang memiliki “batas atas” dicantumkan terlebih dahulu pada catatan kaki pada label yang lebih besar seperti contoh diataas. Batas atas memiliki arti bahwa direkomendasikan agar asupan gizi tersebut berada pada minimum – makan “kurang dari” – apa yang ditulis pada Daily Value. Sebagai contoh, DV dari Saturated Fat (pada kolom kuning) adalah kurang dari 20g. Jumlah tersebut adalah 100% DV untuk nilai gizi tersebut. Apa gol dan saran dietnya? Makan “kurang dari” 20g atau 100%DV per harinya.

Batas bawah – Makan “setidaknya”…

Sekarang kita lihat bagian berwarna biru dimana fiber dicantumkan. DV dari dietary fiber adalah 25gr, yakni 100%DV. Artinya, direkomendasikan untuk makan “setidaknya” dalam jumlah tersebut per harinya untuk fiber.

DV dari total karbohidrat (pada kolom warna putih) adalah 300gr (100% DV). Jumlah tersebut direkomendasikan untuk diet yang seimbang berdasarkan diet 2000 kalori, tetapi dapat bervariasi, tergantung dari asupan lemak dan protein kita sehari-hari.

Sekarang mari kita lihat %DVs.

6. Percent Daily Value (%DV)

suplemenku-nutrition-facts-8

%Daily Value atau %DVs didasari dari rekomendasi Daily Value untuk gizi tersebut tetapi hanya untuk diet 2000 kalori – bukan 2500 kalori. Kita, seperti kebanyakan orang, tidak tahu berapa banyak kalori yang dikonsumsi dalam sehari. Tetapi kita masih dapat menggunakan %DV sebagai dasar untuk menentukan apakah kita memakan kurang atau lebih dari 2000 kalori.

%DV membantu kita menentukan apakah sajian makanan tinggi atau rendah nutrisi. Catatan: beberapa gizi, seperti trans fat, tidak memiliki %DV – akan dibahas nanti.

Apakah kita harus mengetahui bagaimana cara menghitung persentase untuk menggunakan %DV? Tidak, label (%DV) sudah menghitungnya untuk kita. Label membantu kita menginterpretasikan angka (gram dan miligram) dengan menempatkan mereka pada skala yang sama untuk satu hari (0-100% DV). Kolom %DV tidak ditambahkan secara vertikal menjadi 100%. Melainkan setiap nutrisi berdasarkan 100% dari kebutuhan per hari untuk nutrisi tersebut (diet 2000 kalori). Dengan begini kita akan bisa membedakan mana yang tinggi atau rendah akan nutrisi dan mana yang mengkontribusikan banyak atau sedikit terhadap rekomendasi kita setiap hari.

Panduan singkat untuk %DV

5%DV atau kurang = rendah, 20%DV atau lebih = tinggi.

(#6 pada contoh label).

Paduan ini memberitahu bahwa %5DV atau kurang = rendah untuk seluruh nutrisi, artinya kita mau membatasi asupan gizi tersebut (contoh: lemak, lemak jenuh, kolestrol, dan sodium), atau yang harus dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak (fiber, kalsium, dll). Sebagaimana dituliskan pada panduan singkat, 20%DV atau lebih = tinggi untuk semua nutrisi.

Contoh: Lihat jumlah Total Fat dalam satu sajian yang ditulis pada contoh label nutrisi. Apakah 18%DV berkontribusi sedikit atau banyak terhadap batas lemak dari 100%DV? Lihat kembali panduan singkat terhadap %DV. 18%DV, berada dibawah 20%DV, masih belum begitu tinggi, tetapi jika kita memakan seluruh kemasan (dua sajian)? Kita akan memakan dua kali lipat dari jumlah tersebut, artinya 36%DV dari batas asupan lemak dari Total Fat. Datang hanya dari satu jenis makanan, artinya kita disisakan dengan 64% dari batas asupan lemak (100%-36% = 64%) untuk semua jenis makanan yang kita makan pada hari itu, termasuk snacks dan minuman.

1 serving

suplemenku-nutrition-facts-9

2 serving

suplemenku-nutrition-facts-10

Menggunakan %DV

Perbandingan: Daily Value Percentage (%DV) juga membuat kita untuk melakukan perbandingan. Kita dapat membandingkan sebuah produk atau merek dengan produk yang mirip. Hanya, pastikan takaran saji produk-produk yang akan dibandingkan mirip, khususnya berat (contoh: gram, miligram, ons). Mudah untuk melihat makanan apa yang tinggi atau rendah akan nutrisi karena takaran saji secara umum bersifat konsisten antar makanan yang serupa, (lihat contoh perbandingan di akhir) kecuali dalam beberapa kasus tertentu seperti sereal.

Klaim kandungan nutrisi: Gunakan %DV untuk dengan cepat membedakan sebuah klaim dari yang lainnya, seperti “reduced fat” vs. “light” atau “non-fat“. Kita hanya perlu membandingkan %DV dari Total lemak di setiap produk untuk melihat mana yang lebih tinggi atau rendah untuk nutrisi/gizi tersebut. %DV sangat berguna ketika kita membandingkan klaim kandungan nutrisi, seperti less, light, low, free, more, high, dll.

Dietary trade-offs (pemilihan makanan): kita bisa menggunakan %DV untuk membantu kita dalam pemilihan makanan dalam sehari. Kita tidak perlu menelantarkan / meninggalkan makanan favorit kita untuk makan makanan yang sehat saja. Ketika makanan yang kita suka tinggi akan lemak, seimbangkan dengan makanan yang rendah lemak pada jam makan lainnya di hari itu. Juga, perhatikan seberapa banyak kita makan agar jumlah total lemak di hari tersebut tetap berada di bawah 100%DV.

Bersambung ke bagian 3…

Sudah semakin paham tentang Label nutrisi? Sekarang coba kamu lihat di produk kemasan yang kamu beli. Seberapa banyak kemasan tersebut berkontribusi terhadap %DV kamu?

Produk yang kami rekomendasikan dibawah ini bisa memenuhi kebutuhan %DV protein kamu, yakni….

suplemenku-musclepharm-combat-isolate-2Protein Isolate

 


Artikel terkait:

By: Calvin Chiu

Please follow and like us: