Internet sudah menjadi sahabat kita untuk mencari ilmu, namun juga bisa menjadi bumerang karena kita tidak mengetahui siapa yang menulis informasi tersebut. Salah satunya tentang suplementasi. Banyak sekali klaim-klaim di internet yang mengatakan bahwa satu suplemen lebih superior daripada yang lainnya. Tidak tanggung-tanggung, ada juga yang membahas tentang efek samping, efektivitas dan juga bagaimana suplemen bekerja. Terkadang karena terlalu banyaknya informasi membuat kita bingung karena tidak jarang informasi di satu website lain dengan informasi di website yang lainnya. Oleh sebab itu Suplemenku ingin membantu memberikan informasi seakurat mungkin. Topik kali ini adalah semua yang berhubungan dengan kreatin.

suplemenku-creatine-2

Apa itu kreatin?

Salah satu klaim di internet adalah bahwa kreatin sama dengan steroid. Apakah benar? Sekarang kita lihat terlebih dahulu apa yang membentuk kreatin.

Kreatin adalah kombinasi dari tiga asam amino berbeda, yakni glycine, arginine, dan methoinine. Inilah yang membentuk kreatin yang kita kenal. Kreatin juga terdapat di dalam makanan berprotein tinggi seperti daging merah dan juga ikan. Kreatin juga dibuat di dalam tubuh sehingga kita tidak dapat mengatakan bahwa kreatin adalah steroid. Kreatin pada dasarnya ditemukan secara alami dan bukan hasil sintesa di dalam laboratorium.

Bagaimana Kreatin bekerja?

Setelah kreatin masuk ke dalam tubuh (atau setelah kreatin diproduksi di dalam tubuh), pertama-tama kreatin akan mengikat dengan molekul fosfat untuk membentuk creatine phospohate. ATP (adenine tri-phosphate) adalah sumber energi tubuh. Ketika tubuh kita mengoksidasi karbohidrat, protein, atau lemak, tubuh melakukan proses ini untuk memproduksi ATP. ATP berperan penting untuk melakukan hampir seluruh proses yang ada pada tubuh. Bahkan ATP juga berperan dalam pembentukkan ATP. ATP bekerja seperti ini, Energi dibutuhkan untuk melakukan proses jasmani. ATP menyediakan energi ini dengan menghidrolisis sebuah grup fosfat.

suplemenku-creatine-1

Ketika sebuah grup fosfat dihidrolisasi, energy dalam bentuk panas dilepaskan dan energi ini digunakan untuk melakukan proses apapun yang sedang dilakukan, contoh kontraksi otot. Karena satu fosfat telah hilang dari ATP, sebab itu sekarang disebut sebagai ADP (adenine di-phosphate). Reaksinya adalah seperti ini:

ATP (hydrolisis) = ADP + energi

Sekarang kita memiliki ADP bebas sebagai produk dari ATP yang dihidrolisis. ADP pada dasarnya tidak berguna kalau tidak dirubah kembali menjadi ATP. Disinilah kreatin berperan. Kreatin phosphate menyumbangkan phosphatenya ke ADP untuk membentuk ATP kembali. Dengan memberikan tubuh mengembalikan ADP menjadi ATP kreatin akan meningkatkan penampungan ATP, sebab itu membuat kita mampu latihan lebih keras dan lebih lama. Kreatin adalah kombinasi dari tiga asam amino, yakni glycine, arginine, dan methionine.

Kelebihan lain dari kreatin adalah bahwa kreatin sendiri adalah sumber energi. Bahkan pilihan energi utama ketika melakukan aktivitas anaerobik (seperti angkat beban) adalah cadangan kreatin fosfat. Dengan suplementasi kreatin fosfat kita akan menambah cadangan tersebut, karena itu memberikan kita lebih banyak energi untuk latihan.

Ada lagi properti anabolik yang kreatin miliki dan ini adalah kemampuan kreatin untuk hidrasi sel otot. Ketika sel otot terhidrasi beberapa hal dapat terjadi. Yang paling kentara adalah meningkatnya sintesa protein. Yang kedua, meningkatnya ion ke dalam sel. Karena sel menahan lebih banyak air, sel akan mampu menahan lebih banyak ion karena ion akan mengikuti air ke dalam sel agar menjaga konsetrasi yang sama. Ketika lebih banyak ion ada di dalam sel otot (dimana yang paling penting adalah nitrogen) protein sintesis otot juga meningkat.

Seberapa amankah kreatin?

Kreatin baru diperkenalkan kepada pasar belum lama ini sehingga sulit untuk menentukan apakah ada efek samping dalam penggunaan kreatin dalam jangka waktu panjang. Tetapi sampai saat ini belum ada satu studi yang menunjukkan bahwa kreatin memiliki efek samping yang berbahaya. Setelah selama kurang lebih delapan tahun tanpa adanya efek samping yang parah, bisa dikatakan bahwa kreatin cukup aman untuk dikonsumsi.

suplemenku-creatine-4

Perlukah kita melakukan loading kreatin?

Tidak perlu, tetapi jika loading dilakukan bisa jadi (kemungkinan) hasilnya akan terlihat lebih cepat. Agar tubuh mendapatkan hasil maksimal dari kreatin, sel otot harus dipenuhi olehnya terlebih dahulu. Penggunaan dosis kecil (5gr) bisa memakan waktu sampai dengan 30 hari, tergantung dari lean body mass seseorang. Tetapi penggunaan dosis 15-25gr per hari selama 5 hari, tubuh dapat dengan cepat membanjiri sel otot dalam periode waktu tersebut lalu menggunakan dosis maintenance (3-5gr) untuk sisa waktu selama penggunaan kreatin.

Sekarang kamu sudah tahu apa itu kreatin, dan bagaimana kreatin bekerja kami kembalikan pilihan ke tangan kamu. Tentu saja kamu bisa mendapatkan kreatin dari makan-makanan natural bahkan direkomendasikan untuk mendapatkan sebanyak mungkin dari makanan alami. Kekurangannya dari makan-makanan alami adalah kamu harus makan dalam jumlah yang sangat banyak untuk bisa mendapatkan dosis tersebut. Kalau kamu tertarik untuk menggunakan suplemen, kamu bisa lihat koleksi dari kreatin kami di Creatine Suplemenku.

Rekomendasi kami untuk kreatin adalah:

suplemenku-api-creatine

Creatine

Rekomendasi untuk Susu Protein yang mengandung Kreatin adalah:

suplemenku-api-beef-proteinBeef Protein

references:

Stoll B, Gerok W, Lang F., Haussings. Liver Cell Damage and Protein Synthesis. Biochemical Journal 287 (Pt 1) 217-222, 1992.

Kreider et. al. Perceived Fatigue Associated With Creatine Supplementation During the Fall Collegiate Baseball Series of Division I Players. Journal of Athletic Training. April-June 2001 v31 i2 pS 83.


Artikel terkait:

By: Calvin Chiu

 

Please follow and like us: