Yang dapat diambil dari artikel ini:

  • Steady State Cardio (SSC) adalah jenis kardio yang tidak menuntut kekuatan tubuh yang tinggi. Semua orang bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun. Proses pemulihan tubuh lebih cepat.
  • SSC menjaga massa otot lebih baik dibandingkan HIIT ketika kita sedang berada pada fase diet rendah kalori atau sedang mengalami tekanan karena kurang istirahat.
  • SSC membakar kalori lemak lebih banyak. Lemak membutuhkan proses yang lebih panjang untuk bisa dijadikan sumber energi. Oleh karena itu, ketika kita melakukan aktivitas intensitas rendah, tubuh memiliki “cukup waktu” untuk mengubah lemak menjadi energi.
  • SSC bisa menjadi langkah awal anda untuk hidup sehat. Jogging selama 30 menit dalam sehari membakar kurang lebih 300 kalori pada tubuh.
  • Anda akan terus melakukan kardio dalam jangka waktu panjang karena SSC bisa dilakukan sambil bersantai seperti berbincang-bincang dengan teman anda.

 

suplemenku-ssc-hiit-1

Kardio adalah salah satu bentuk olahraga yang paling kita kenal. Bagaimana tidak, semenjak kecil kita sudah melakukan aktivitas yang satu ini dari berlari-lari di taman, berjalan bersama orang tua, berenang dan masih banyak hal lainnya. Kardio juga dikenal oleh kita, masyarakat luas, sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Saya sering mendengar orang berkata kurang lebih seperti ini “aduh gue udah gemukkan nih mesti mulai lari pagi lagi”. Benar bahwa kardio membakar kalori dari tubuh dan bisa berujung pada menurunnya berat badan. Tetapi tahukah kita bahwa sebenarnya ada berbagai macam jenis kardio?

suplemenku-endomorph-6

suplemenku-ssc-hiit-2

Di dalam dunia fitness kita mengenal dua jenis kardio yang paling banyak diadopsi oleh fitness mania yaitu Steady State Cardio (SSC) dan juga High Intensity Interval Training (HIIT). Keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu membakar kalori dan lemak dari tubuh tetapi dengan cara yang sangat berbeda. SSC adalah jenis kardio “santai” yang banyak dari kita senang sekali lakukan sedangkan HIIT adalah lawannya, sangat menguras tenaga. Selanjutnya kita akan melihat apa kelebihan dari masing-masing jenis kardio tersebut.

suplemenku-ssc-hiit-3

Mari kita sekarang melihat dari kelebihan Steady State Cardio terlebih dahulu. Yang pertama adalah anda bisa pulih dengan cepat dari jenis kardio ini. Satu hal yang sering terlupakan oleh kita adalah proses pemulihan (recovery) baik disengaja maupun tidak. Terkadang kita bisa saja kurang tidur atau sedang tidak berkesempatan untuk makan dengan nutrisi yang bagus. Ditambah dengan latihan beban yang intense, katakan sebanyak lima hari seminggu. Jika kita melakukan kardio jenis HIIT, maka dapat dipastikan bahwa kita akan menghalangi pemulihan, bukan memacu. Saat-saat seperti ini adalah waktu yang sangat tepat untuk mengadopsi SSC dibandingkan HIIT.

suplemenku-ssc-hiit-4

Yang kedua adalah menjaga massa otot. HIIT memiliki karakteristik yang meniru latihan beban (hal yang sangat baik untuk menjaga massa otot). Akan tetapi ketika kita sedang berada dalam fase diet rendah kalori, bisa-bisa HIIT menjadi seperti bumerang dengan memakan otot kita. Mengapa demikian?

Pada saat kita melakukan aktivitas intensitas tinggi seperti angkat beban, tubuh kita membakar glycogen (zat berfungsi sebagai cadangan energi hasil dari konversi karbohidrat). Ketika persediaan glycogen ini habis, inilah saat-saat dimana tubuh menentukan apakah ia harus menggunakan otot atau lemak.

Mungkin ada dari kita yang merasa heran, sewaktu kecil kita belajar bahwa lemak adalah salah satu sumber energi lalu mengapa tubuh harus memilih antara otot dan lemak? Penjelasan singkatnya, karena lemak memerlukan beberapa tahap untuk menjadi sumber energi yang siap pakai sedangkan otot lebih mudah. Karena itu ketika tubuh kita sudah berada pada status glycogen deficit dan masih melakukan HIIT, tubuh kita malah bisa-bisa kehilangan massa ototnya.

suplemenku-ssc-hiit-5

Yang ketiga adalah SSC menargetkan langsung pada lemak. Di alat kardio yang kita pakai tentu ada mode yang disebut sebagai fat burn mode atau mode pembakaran lemak. Jika anda pernah mencoba mode ini, mungkin anda menyadari bahwa alat tersebut akan menurunkan intensitas kardio ketika heart rate kita meningkat melewati batas tertentu. Sebenarnya poin ini merupakan penjelasan lanjutan dari poin sebelumnya. Pada saat heart rate kita berada pada 60% dari batas maksimal, maka kita melakukan aktivitas tingkat moderat/sedang dan pada saat seperti ini tubuh kita akan membakar lemak.

Karena itu kita harus pintar-pintar memilih jenis latihan. Ketika kita sudah melakukan aktivitas berat, pilihlah SSC karena dengan menggunakan latihan intensitas lebih rendah, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi (dengan catatan bahwa tubuh kita sudah kehabisan glycogen). Tentunya untuk menghabiskan glycogen sendiri memerlukan aktivitas yang berat, jauh dari apa yang kita kira sudah berat. Sebab itu jangan dijadikan alasan ya guys untuk hanya melakukan SSC dan mengabaikan HIIT.  =)

suplemenku-ssc-hiit-6

Yang ke empat adalah SSC bisa menjadi langkah awal untuk kita bisa mulai hidup sehat. Dengan kenyataan bahwa banyak dari kita yang sibuk bekerja di kantor, memulai aktivitas kardio SSC dapat menjadi sebuah jalan pembuka bagi anda. Dengan melakukan SSC, anda bisa membakar kurang lebih sebanyak 300 kalori selama 30 menit. Jika kita melakukannya selama 5 hari dalam seminggu, itu sudah sama dengan 1500 kalori. Anda akan tetap melihat perubahan pada diri anda (dengan catatan anda tidak mengubah porsi makan anda).

suplemenku-ssc-hiit-7

Selain itu, menjadi poin ke lima adalah anda akan bisa melakukan kardio dalam jangka waktu panjang. Saya akan memberikan sebuah pernyataan pahit, namun saya harap jangan ada dari kita yang tersinggung. Saya ingin agar kita semua bisa memiliki tubuh yang sehat. Kita sebagai manusia tentu tidak suka dengan aktivitas yang berat yang menguras tenaga kita.

Ketika kita melakukan kardio jenis HIIT (jika dilakukan dengan benar) kita akan sangat kewalahan dan terengah-engah. Tentu selama periode jangka pendek kita bisa terus melakukannya namun sampai kapan? Tidak begitu dengan SSC. Kita bisa melakukannya dengan santai, bahkan sembari berbicara dengan teman gym. Karena itu kita pasti bisa terus melakukannya dalam jangka waktu panjang.

Bersambung ke part 2

Suplemen fitness yang membantu menjaga otot-otot Anda dikala melakukan cardio SSC atau HIIT adalah BCAA:

xtend-bcaaSCIVATION Xtend BCAA

suplemenku-platinum-bcaaMUSCLETECH Platinum BCAA

suplemenku-evl-bcaa-5000EVL BCAA

Suplemen yang membantu membakar lemak lebih banyak dan meningkatkan daya tahan cardio Anda adalah Fatburner:

suplemenku-hydroxycut-hardcore-nextgen-acceleratorMUSCLETECH Hydroxycut Next Gen Accelerator Powder

suplemenku-evl-lean-modeEVL Lean Mode

Hydroxycut fat burner 60tabs 500x500Hydroxycut Fatburner

Baca Juga:

By: Calvin Chiu