Susah untuk membangun otot kamu? Mungkin permasalahnnya bukan pada metode latihan tetapi dengan nutrisi kamu.

suplemenku-asupan-makanan-1

Kamu termasuk salah seorang yang susah untuk nambah berat badan/otot? Kalau iya, kemungkinan besar kamu adalah seorang ectomorph. Tetapi kita tidak akan bahas tentang ectomorph kali ini melainkan, apa sih yang harus kita lakukan supaya bisa mendapatkan perubahan yang kita inginkan.

Salah satu hal yang sering kali dilupakan oleh kita semua, baik kita adalah ectomorph, mesomorph atau endomorph adalah tentang asupan kita. Cara diet fitness berbeda dengan cara diet pada umumnya. Mayoritas orang berpikir “saya sudah makan banyak”, tetapi tahukah bahwa yang kita pikir banyak terkadang masih belum cukup?

Jika kamu seorang meso atau endo, kamu masih beruntung karena istilah kamu makan sedikit saja dan kamu bertambah besar masih bisa didapatkan (walau tidak maksimal). Tetapi kalau kamu pada dasarnya susah menambah berat badan, kamu harus pintar-pintar untuk mengakali badan kamu. Nah kali ini Suplemenku mau bagi beberapa tips untuk membantu kamu dalam melakukan cara diet fitness yang efektif.

Gunakan Food-Log

Baik ecto, meso maupun endo ada baiknya jika kita sebenarnya menggunakan food-log. Mengapa? Karena food-log memberikan kita angka dan dari angka tersebut kita bisa mengestimasi apakah kita sudah mencukupi kebutuhan kalori kita pada hari ini atau belum.

suplemenku-asupan-makanan-2

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mayoritas orang berpikir sudah makan cukup tetapi pada kenyataannya jauh dari yang seharusnya (biasanya terjadi pada ectomorph). Begitu juga sebaliknya, ada yang sudah melebihi batas asupan kalori tetapi masih berpikir kurang (sering terjadi pada endomorph).

Disinilah peran food-log menjadi penting, yakni untuk memberi tahu kita apakah kita sudah mencukupi kebutuhan asupan kita.

Kualitas makanan harus diprioritaskan

Food log memfasilitasi kita sebuah senjata untuk menghitung kalori namun tidak cukup sampai disitu. Kita juga harus memperhatikan kualitas dari makanan tersebut. Maksudnya seperti ini:

Katakan Anwar memerlukan sekitar 2500 kalori untuk menjaga berat badan. Lalu Anwar menghitung dengan food-log seberapa banyak nasi yang harus dimakan untuk memenuhi 2500 kalori. Karena Anwar adalah seseorang yang sangat sibuk, ia lebih memilih untuk memakan sebuah burger karena dapat menyediakan sekitar 2000 kalori karena dianggap dapat memenuhi kebutuhan kalori hariannya. Sisa 500 kalori akan didapat dari cemilan-cemilan yang lainnya seperti coklat, kerupuk, dll.

Dari contoh diatas, apa yang dapat kamu simpulkan? Kalori tentu saja terpenuhi 2500 kalori. Tetapi bagaimana dengan kualitasnya? Pernah mendengar sebuah ucapan “You are what you eat”? Inilah yang dimaksud oleh ucapan tersebut. Ketika kita makan sehari-harinya makan burger, tubuh kita juga akan terlihat seperti burger.

suplemenku-asupan-makanan-3

Oleh sebab itu jika kamu ingin mendapatkan perubahan, selain berolahraga yang benar, perhatikan juga nutrisi kamu. Ingat bahwa makanan adalah faktor penting dalam dunia fitness. Hanya tiga hal yang kamu perlukan untuk bisa sukses yaitu eat, train, rest atau makan, latihan, istirahat.

Tetapi kami mengerti kamu belum tentu memiliki waktu untuk semuanya itu. Sebab itu, jika kamu memerlukan tambahan suplemen untuk memenuhi kebutuhan macro kalian, kami menyediakan banyak jenis suplemen. Beberapa diantaranya yaitu adalah susu protein gainer yang cocok untuk menambah kebutuhan kalori untuk si kurus. Namun apapun tipe badanmu, jangan lupa badan sangat memerlukan nutrisi mikro juga seperti Multivitamin juga Omega-3.

suplemenku-musclepharm-combat-xl-mass-gainersusu protein gainer

suplemenku-rsp-bioviteMultivitamin

suplemenku-rsp-lean-omegaOmega-3


 Artikel terkait:

Please follow and like us: