Hari ini ada kejadian yang lucu. Biasanya ketika saya sedang mengendarai mobil saya akan menyalakan radio untuk sekedar menemani perjalanan saya. Tapi ada yang spesial dengan kejadian hari ini. Acara pada saat tersebut bertemakan ‘Makanan Sehat’ dan si penyiar radio sedang menghubungi salah satu pendengar radio tersebut (sebut saja Meli). Karena temanya tentang makanan, maka saya tertarik untuk mendengarkannya. Apalagi digadang-gadang makanan tersebut adalah makanan sehat. Saya pikir, kali-kali bisa menambah menu resep saya.

Inti dari ceritanya adalah mbak Meli mengatakan kalau makanan favoritnya adalah ikan goreng tepung dengan sambal balado. Bahkan anak-anaknya pun sangat menyukai masakkan mbak Meli sampai-sampai mereka lebih memilih untuk membawa masakkan ibunya dibandingkan jajan di luar.

suplemenku-makanan-sehat

Dari cerita singkat tersebut, apa tanggapan dari sahabat Suplemenku? Apakah setuju dengan pernyataan bahwa makanan tersebut adalah makanan sehat?

Dewasa ini, banyak sekali makanan yang disebut sebagai ‘makanan sehat’ walaupun belum tentu kenyataannya. Seperti contoh diatas, menurut saya pribadi makanan tersebut bukanlah makanan yang sehat. Mengapa? Karena digoreng ditambah lagi penggunaan tepung. Nah, beberapa tips yang dituliskan pada artikel ini diharapkan bisa membantu sahabat suplemenku untuk bisa menghindari kerancuan yang disebabkan oleh media.

Belajar

suplemenku-makanan-sehat-1

Hampir setiap orang yang saya kenal di tempat fitness akan mengatakan hal seperti ini “Bro, gua udah research A, B, C, … , Z dan gak ada tuh yang bilang kaya begitu”. Katakanlah dalam hal ini tidak apa-apa makan goreng-gorengan. Lalu saya tanya, “lu research dimana bro?” dan seperti biasa, jawaban semua orang adalah “google”. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau Google adalah jawaban dari semua masalah, tapi tidak demikian dengan ilmu ilmiah (science / sains).

Karena kali ini kasusnya adalah makanan, saya akan membahas dari sisi pandang tersebut saja. Salah satu alasan mengapa google bukanlah solusi terbaik untuk belajar adalah karena terlalu banyaknya opsi yang diberikan. Contoh, ada yang mengatakan diet vegetarian adalah yang terbaik. Begitu juga dengan Paleo, intermittent fasting, diet golongan darah dan banyak lagi. Mana yang paling benar?

suplemenku-makanan-sehat-4

Untuk bisa menentukan mana diet yang paling cocok untuk diri kamu, harus diketahui dulu fungsi dari macronutrisi (carbs, fat, protein). Belum lagi ada micronutrisi (vitamin & mineral). Selain itu kamu juga harus mengenal diri kamu terlebih dahulu, yakni berapa banyak kalori yang kamu butuhkan per hari lalu berapa banyak karbohidrat, fat dan protein yang kamu butuhkan.

Jika kamu sudah mengetahui dasar-dasar tersebut, kamu bisa melakukan diet yang menurut kamu paling cocok dengan diri kamu. Selain itu, kamu bisa menghindari kesalahan fatal dalam memilih dan mengolah bahan masakan. Bahan baku yang bagus jika dipasangkan dengan bahan-bahan yang tidak baik akan menjadi tidak bagus juga.

Ketahui bahan-bahan yang digunakan

suplemenku-makanan-sehat-2

Melanjutkan dari poin diatas…

Dari menu ikan goreng tersebut, mana yang menurut sahabat Suplemenku menjadi masalah khususnya dalam konteks fitness? Ikannya? Tepungnya? Cara masaknya, yakni digoreng? atau di saus penyedap (sambalado)?

Jawabannya, bisa jadi sebenarnya menu tersebut tidak bermasalah, tetapi bisa juga bermasalah. Maksudnya adalah seperti ini… Asumsikan semua bahan berada dalam keadaan yang baik, mulai dari ikan sampai dengan bahan sambalado. Dalam hal ini makan ikan goreng tersebut tidak ada masalah karena semua bahannya terkontrol.

Lalu katakanlah, minyak yang digunakan adalah minyak yang baru dipakai satu kali kemarin. Dengan yakin saya bisa katakan bahwa menu ikan goreng tersebut tidak lagi sehat. Mengapa? Karena minyak tersebut sudah teroksidasi sehingga bisa dikatakan nothing good comes out of it alias tidak ada baik-baiknya.

Begitu juga dengan bumbu penyedapnya. Bagi yang tidak mau repot biasanya akan menggunakan bumbu penyedap. Walaupun bahan baku yang digunakan semuanya baik, asalkan ada sedikit saja bumbu penyedap tersebut lenyap sudah kalimat ‘makanan sehat’. Mengapa? Karena bumbu penyedap mengandung bahan kimia yang memang benar akan membuat rasa makanan ‘nendang’. Tetapi juga akan membuat kamu mengalami insulin spike.

suplemenku-makanan-sehat-5

Jadi hal-hal seperti inilah yang harus kamu perhatikan. Satu lagi, jika kamu membeli makanan di luar, pastikan untuk menanyakan bahan apa yang digunakan. Dan jika memungkinkan, perhatikan juga bumbu apa saja yang dimasukkan kalau dapur yang digunakan adalah dapur terbuka. Bumbu yang datang dari alam seperti garam, lada, jahe, kunyit, dll aman. Tetapi bumbu buatan manusia harus dihindari.

Solusi paling baik kalau-kalau malas untuk melakukan cek dan ricek adalah untuk makan makanan rumah yang hanya menggunakan bumbu alami. Memang akan memakan waktu, tetapi bisa diakali dengan cara masak dalam jumlah besar dan disimpan di dalam kulkas. Dengan begitu kamu akan menghemat waktu di keesokkan harinya.

Ketahui bahwa badan tidak perduli apa yang kita makan. Selama makanan tersebut bernutrisi maka ia akan terima. Untuk itu, kamu bisa cek produk-produk kesehatan yang kami jual dan rekomendasikan seperti:

suplemenku-optimen-90

Multivitamin

suplemenku-evl-fish-oilFish Oil

suplemenku-musclepharm-combat-xl-mass-gainerProtein Gainer


Artikel terkait: