suplemenku-sembelit-1

Permasalahan yang sering dihadapi kebanyakkan orang adalah kasus sembelit. Apalagi para fitness mania yang sering makan terlalu banyak atau makan terlalu sedikit dan lupa akan pemilihan makanan yang seimbang dapat memperburuk kelancaran dari BAB. Sembelit sangat tidak nyaman dan tidak sehat bagi tubuh.

Kali ini Suplemenku ingin membagikan sedikit tips untuk mengatasi sembelit, dan kelebihan dari tips ini adalah bisa diaplikasikan bagi yang memiliki masalah sembelit maupun orang yang sehat (untuk mencegah).

Sebelum kami memberikan tips, ada baiknya kita mengecek apakah feces yang dihasilkan normal atau tidak. Jangan merasa jijik karena feces tersebut keluar dari badan kita sendiri, dan kita tidak sedang melihat pada feces orang lain. Jujur terhadap diri sendiri, apakah feces tersebut baik atau tidak.

suplemenku-sembelit-2-gif

Salah satu indikator paling mudah adalah apakah feces sulit untuk keluar, sehingga harus dipaksa (ngeden/ngedan)? Jika ya, artinya feces anda terlalu keras dan ini sudah merupakan sebuah masalah, bukan gejala. Walaupun bukan sembelit namun jika feces juga terlalu berair (encer) juga tidak baik. Banyak sekali electrolyte-electrolyte dalam tubuh yang terbuang pada saat-saat seperti ini (diare). Dan jika tidak digantikan maka konsekuensinya adalah tubuh terasa lemas.

Lalu bagaimana untuk menanggulangi sembelit?

suplemenku-sembelit-3

Makan makanan yang berserat.

Pastikan kita mengkonsumsi cukup makanan berserat sehari-harinya. Serat (Fiber) dapat didapat pada:

  • Whole grains
  • Sayur-sayuran
  • Buah
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Legumes (kacang polong seperti Lentils, peas, beans, dll).

Minum air yang cukup

suplemenku-sembelit-4

Salah satu penyebab sembelit adalah kurang minum air sehingga feces menjadi tidak lunak. Usahakan untuk minum air 8 gelas sehari (minimum) tetapi jangan jadikan 8 gelas sebagai patokan. Semakin banyak kita minum air, semakin baik asalkan jangan terlalu banyak. Cukup sampai air seni berwarna kuning muda artinya sudah baik. Jika bisa bening, sempurna.

Makan buah di antara selingan makanan utama

Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk makan makanan yang lengkap dalam satu sajian. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi snack yang penuh dengan serat. Disinilah peran buah bisa menolong kita.

suplemenku-sembelit-5

Konsumsi 3 sampai 4 buah prun pada siang hari, antara jam makan siang ke sore. Buah prun memiliki banyak sekali serat tidak larut, dan juga mengantung sorbitol, alcohol gula yang bersifat laxative. Buah prun juga mengandung asam chlorogenic dan neocholorogenic, kimia yang juga terkandung di dalam kopi yang menyebabkan kita ingin pergi ke WC setelah meminum kopi di pagi hari.

Minum secangkir kopi di pagi hari

Meminum secangkir kopi sehari bisa membantu kita untuk mengatasi sembelit. Seperti sudah disinggung sebelumnya, kopi mengandung senyawa cholorgenic dan neochlorogenic yang membuat kita ingin pergi ke WC.

suplemenku-sembelit-6

Itulah beberapa tips dari Suplemenku bagi yang memiliki masalah sembelit. Yang paling baik adalah mengkonsumsi makanan yang beraneka ragam untuk mendapatkan manfaat dari seluruh jenis makanan. Cukup lemak, protein, karbohidrat, serat dan vitamin dan mineral adalah yang paling baik. Bukan terlalu banyak satu faktor saja karena akan menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi di dalam tubuh.

Untuk membantu menjaga kesehatan kalian, Suplemenku merekomendasikan suplemen Multivitamin untuk memperlengkapi kebutuhan nutrisi mikro Anda seperti:

suplemenku-rsp-bioviteKami juga menyediakan berbagai suplemen untuk kebutuhan sehari-hari Anda di bagia General Nutrition.


Artikel terkait:

By: Calvin Chiu

Please follow and like us: