4. Melatih perut seperti seorang powerlifter.

Sebelumnya dikatakan bahwa kita harus mengangkat beban yang berat untuk menstimulasi otot agar berkembang. Bagusnya adalah, beberapa wanita yang ada di gym tidak masalah dengan penggunaan beban berat untuk melatih otot perut. Tetapi yang salah adalah pengertiannya. Kalau kamu berfikir, menggunakan beban berat akan membuat lingkar pinggang kamu mengecil, maka saya anjurkan kamu berfikir kembali.

suplemenku-kesalahan-wanita-8

Pada lingkar pinggul kita terdapat beberapa otot. Ada otot abdominal dan juga obliques (terletak di samping abdominal). Kita sudah tahu kalau menstimulasi otot dengan beban akan merangsang berkembangnya otot tersebut, tidak perduli dengan beban ringan ataupun berat. Semakin berat beban yang dipakai akan semakin cepat perkembangannya.

Sekarang permasalahannya adalah, kalau kamu merangsang otot perut, khususnya bagian obliques dengan beban, kamu akan membangun otot tersebut dan akan menyebabkan tubuh kamu terlihat ‘blocky‘. Untuk perut depan (abdominal) kamu masih bisa menggunakan beban. Tetapi untuk otot perut samping, menurut saya lebih baik kamu melakukan side plank dibandingkan penggunaan beban.

5. Terlalu banyak melakukan latihan aerobik

Hal ini bukan hanya berlaku bagi wanita tetapi pria juga. Jangan salah mengartikan, aerobik adalah hal yang bagus. Berjalan, jogging, aerobic class, dance class semuanya adalah hal yang baik dan boleh dilakukan. Tetapi terkadang kita jadi terlalu fokus dan lupa akan latihan anaerobik.

suplemenku-kesalahan-wanita-11

Contoh yang sudah sering saya gunakan adalah pelari maraton. Lagi-lagi maratonis adalah atlit yang memiliki stamina sangat kuat. Mereka bisa berlari menempuh jarak yang sudah diluar batas manusia. Tetapi ketika kita melihat komposisi badan mereka, biasanya mereka memiliki badan yang sangat kurus, hampir tulang dilapisi oleh kulit. Apakah saya menentang mereka? tentu tidak. Karena semua kembali lagi dengan gol/tujuan dari masing-masing individu.

Tetapi untuk kita yang menginginkan badan bagus berisi, kita harus menyeimbangkan antara latihan aerobik dengan latihan anaerobik. Mengapa? simply put, anaerobik memiliki kemampuan untuk menjaga kadar otot kamu (dengan syarat nutrisi yang bagus) sedangkan aerobik akan membakar lemak kamu.

suplemenku-kesalahan-wanita-12

Saya harap tidak ada lagi wanita yang termakan omongan bahwa dengan melakukan kardio pasti bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Secara berat badan mungkin iya, tetapi tidak dengan komposisi tubuh. Ingat saja akan skinny-fat, yakni kondisi dimana tubuh terlihat kurus tetapi sebenarnya menimbun banyak lemak.

Poin kelima: Lakukan aktivitas aerobik sesuai dengan jatahnya. Misal kamu berada di gym selama 2 jam, maka fokuskan 75% waktu kamu untuk anaerobik dan 25% untuk aerobik.

6. Rutinitas yang sama terus menerus

suplemenku-kesalahan-wanita-9

Poin ini juga masih banyak sekali dilakukan baik pria maupun wanita. Ingat bahwa tubuh beradaptasi dengan lingkungan dan beban (aktivitas) yang diberikan. Kalau kamu melakukan rutinitas latihan yang sama secara terus menerus, kamu sama saja sedang memperlambat atau bahkan memberhentikan progress kamu.

Melakukan perubahan rutinitas pun tidak harus merubah keseluruhan dari rutinitas tersebut. Kamu bisa saja merubah urutan latihannya. Misalkan, kamu mulai dengan squat, leg extension kemudian leg curl. Setelah kamu merasa tubuh kamu beradaptasi, kamu bisa rubah menjadi squat, leg curl lalu leg extension. Perubahan urutan tersebut sudah bisa membuat tubuh kamu berfikir ada perubahan yang terjadi.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dari jumlah set, repetisi, beban, frekuensi latihan per minggu dan masih banyak lagi. Tidak ada tenggang waktu yang dapat diaplikasikan pada setiap individu. Hanya kamu yang bisa berkata ‘sudah waktunya saya merubah rutinitas’.

7. Perubahan rutinitas yang terlalu sering

Sebaliknya, banyak juga orang-orang yang terlalu cepat merubah rutinitas latihan mereka. Dalam satu bulan bisa melakukan perubahan sepuluh kali. Alasan klasik yang sering saya dengar adalah karena tubuh harus selalu dibuat bingung agar terus berubah.

suplemenku-kesalahan-wanita-13

Tubuh kita memerlukan waktu untuk bisa beradaptasi. Sebagai contoh, Untuk manusia berevolusi diperlukan waktu puluhan bahkan jutaan tahun. Kalau kamu tidak percaya dengan teori Darwin, tidak apa-apa. Contoh lain di jaman sekarang adalah atlit. Dibutuhkan waktu yang lama bagi seorang atlit (kita ambil contoh maratonis) untuk bisa berlari 50K. Bisa memakan waktu tahunan untuk seorang atlit maraton siap terjun ke perlombaan tersebut dan belum tentu menjadi yang terbaik. Mengapa? Karena tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi.

Mungkin poin nomor 6 & 7 membuat kamu bingung, tetapi jangan khawatir. Solusinya mudah saja, yakni lakukan sebuah rutinitas sampai kamu merasa tubuh kamu tidak berubah lagi. Intinya adalah mengapa kamu harus merubah sebuah workout yang membawa perubahan setiap minggu atau bulannya? Belum tentu pada saat kamu mengganti workout kamu tubuh akan menerimanya dengan baik bukan?

8. Takut dengan makanan / makan sembarangan setelah latihan

Salah satu kesalahan yang paling fatal dalam latihan anaerobik adalah menghindari makanan dengan dalih sedang berdiet. Kamu harus paham terlebih dahulu bahwa diet bukan berarti kamu mengurangi porsi makan kamu. Kata ‘diet’ sendiri memiliki arti asupan makanan. Artinya, kamu harus lebih pintar lagi untuk memilih makanan yang kamu makan.

Obviously, kalau kamu makan pizza itu adalah sebuah larangan dan kamu harus takut dengan makanan seperti itu. Tetapi kalau apa yang kamu makan setelah olahraga adalah makanan sehat seperti salmon, daging sapi, atau ayam kamu tidak perlu takut. Malah, setelah latihan adalah waktu yang sangat tepat untuk kamu memuaskan diri kamu dengan makanan.

suplemenku-kesalahan-wanita-10

Sebaliknya, ada juga yang menggunakan olahraga sebagai alasan untuk bisa makan banyak. Lebih parahnya lagi, olahraga yang dimaksud adalah jalan di treadmill selama 1 jam dan akan pergi makan ke junk food restaurant terdekat untuk menikmatinya. Ini sudah pasti akan merubah dirinya menjadi lebih tidak baik.

Atau bukan hanya junk food, tetapi makan terlalu banyak. Ini juga bisa menjadi sebuah masalah walaupun makanan yang kamu makan adalah makanan sehat. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui kadar asupan yang tepat untuk kamu. Kalau kamu hanya memerlukan 2000 kalori sehari, makanlah 2000 kalori.

Jadi ada 8 poin tentang kesalahan-kesalahan yang umum sekali terjadi dan saya harap dengan adanya artikel ini kamu bisa menghindarinya.

Ingat selalu untuk latihan keras dan masukkan nutrisi yang baik ke dalam tubuh. Maka kamu akan melihat perubahan pada diri kamu. Seberapa cepat perubahan tersebut tergantung atas seberapa besar dedikasi kamu.

Kami dari suplemenku ingin membantu kamu untuk mencapai gol tersebut dan beberapa produk rekomendasi kami adalah:

suplemenku-rsp-quadralean-thermoFatburner

suplemenku-musclepharm-combat-isolate-2Whey Protein Zero Sugar

suplemenku-evl-fish-oilFish Oil


Artikel terkait:

By: Calvin Chiu

Please follow and like us: