Bagian ketiga adalah bagian terakhir dan yang paling sering tidak dimengerti oleh kebanyakkan orang. Tetapi disinilah sebenarnya peran Nutrition Facts Label menjadi sangat penting karena pada bagian inilah segala tambahan kimia ditemukan. Hal-hal seperti sucrose, dextrose, maltrose, dll. Saya harap kita semua fokus pada pembahasan ini.

Gizi dengan %DV tetapi tidak ada berat yang dicantumkan – Contoh dari Kalsium

suplemenku-nutrition-facts-14-jpg

Calcium: Lihat nilai %DV kalsium pada label makanan untuk mengetahui seberapa banyak satu takaran saji berkontribusi terhadap jumlah total yang dibutuhkan per hari. Ingat, makanan dengan 20%DV atau lebih berkontribusi tinggi untuk kebutuhan kalsium sehari. Sedangkan yang memiliki nilai 5% atau lebih sedikit, berkontribusi rendah.

Para ahli menyarankan agar orang dewasa mengkonsumsi cukup kalsium, yakni 1000mg (100%DV) dalam diet 2000 kalori. Saran ini seringkali menggunakan satuan miligram (mg), tetapi label nutrisi hanya menuliskannya dalam %DV untuk kalsium.

Untuk beberapa orang, para ahli menyarankan remaha, khususnya wanita, untuk mengkonsumsi 1300mg (130%DV) dan wanita yang dalam kondisi post-menopausal untuk mengkonsumsi 1200mg (120%DV) akan kalsium per harinya. Nilai DV untuk kalsium pada label makanan adalah 1000mg.

Jangan terkecoh – selalu cek label untuk kalsium karena kita tidak bisa menyamakan jumlah kalsium dalam beberapa kategori makanan tertentu. Sebagai contoh: jumlah kalsium dalam susu, baik skim atau whole, biasanya sama per sajian. Sedangkan nilai kalsium pada yoghurt dengan ukurang yang sama (8oz) bisa berbeda 20-45%DV.

suplemenku-nutrition-facts-15

Equivalencies (persamaan derajat)
30% DV = 300mg kalsium = 1 gelas susu
100% DV = 1000mg kalsium
130%DV = 1300mg kalsium

Gizi tanpa %DV: Trans Fats, Protein, dan Gula:

Perhatikan bahwa Trans fat, gula dan protein tidak mencantumkan %DV pada label nutrisi.

Plain Yogurt

suplemenku-nutrition-facts-16

Fruit Yogurt

suplemenku-nutrition-facts-17

Trans Fat: Para ahli tidak dapat memberikan nilai referensi atau informasi lainnya yang FDA (Food and Drugs Administration) percaya diperlukan untuk mementuhi kebutuhan sehari-hari. Laporan ilmiah menyatakan adanya hubungan trans fat (dan lemak jenuh) dengan meningkatnya kolestrol LDL (“jahat”), keduanya yang dapat meningkatkan resiko terkenanya penyakit jantung.

Penting: Pakar kesehatan merekomendasikan kita untuk menjaga asupan saturated fat, trans fat dan kolesterol serendah mungkin sebagai bagian dari diet seimbang.

Protein: %DV perlu dicantumkan jika ada klaim tentang protein seperti “tinggi akan protein”. Selain itu, terkecuali makanan tersebut diperuntukkan bagi bayi atau anak dibawah umur 4 tahun, %DV tidak dibutuhkan. Bukti ilmiah terkini mengindikasikan bahwa protein bukan masalah kesehatan untuk orang dewasa dan anak-anak diatas 4 tahun.

Gula: Tidak ada nilai referensi harian yang dikeluarkan untuk gula karena tidak ada rekomendasi yang telah dibuat untuk jumlah harian yang harus dimakan dalam sehari. Perlu diingat, gula yang dicantumkan pada label nutrisi adalah gula yang ada secara alami (seperti pada buah dan susu) dan juga yang ditambahkan pada makanan dan minuman. Cek pada bahan makanan untuk hal-hal spesifik atau gula tambahan.

lihatlah pada label nutrisi pada contoh dua yogurt diatas. Yogurt plain memiliki 10g gula, sedangkan fruit yogurt mengandung 44g gula dalam satu sajian.

Sekarang kita lihat dibawah pada kandungan bahan untuk kedua yogurt. Kandungan yang dicantumkan disusun secara menurun berdasarkan beratnya (dari yang terbanyak ke yang paling sedikit). Perhatikan bahwa tidak ada gula tambahan atau buatan yang ada di bahan plain yogurt, sedangkan 10g gula dicantumkan pada label nutrisi. Ini terjadi karena tidak ada gula tambahan dalam plain yogurt, hanya gula yang memang ada dalam susu (lactose).

Plain Yogurt – tidak ada gula tambahan

suplemenku-nutrition-facts-18

Fruit Yogurt – mengandung gula tambahan

suplemenku-nutrition-facts-19

 

Kalau kita waspada akan asupan gula kita, pastikan gula tambahan tidak dicantumkan dalam urutan pertama. Nama lain untuk gula tambahan adalah: corn syrup, high-fructose corn syrup, fruit juice concentrate, maltose, dextrose, sucrose, honey, dan maple syrup.

Untuk membatasi gizi yang tidak memiliki nilai %DV seperti trans fat dan gula, bandingkan label produk yang mirip dan pilih yang memiliki nilai terendah.

Contoh perbandingan

Dibawah ini adalah dua macam susu- “Reduced Fat,” vs “NonFat“. takaran saji satu gelas. Yang mana yang memiliki lebih banyak kalori dan lemak jenuh? Yang mana yang memiliki lebih banyak kalsium

Reduced Fat Milk – 2% Milkfat

suplemenku-nutrition-facts-20

NonFat Milk

suplemenku-nutrition-facts-21

Telah selesai pembahasan kita tentang Label Nutrisi. Untuk kamu yang ingin melakukan cutting atau weight loss, kamu bisa menggunakan produk-produk di bawah ini:

quadraleanFatburner

suplemenku-musclepharm-combat-isolate-2Whey Protein Isolate with Low Calories

Sedangkan untuk yang ingin menambah berat badan, kalian bisa menggunakan produk-produk ini:

suplemenku-on-serious-massoptimum-nutrition-serious-mass-12lbs-facts

Susu Gainer Protein


 

Artikel terkait:

By: Calvin Chiu